Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
NFC Indonesia.

NFC Indonesia.

Perkuat Media and Entertainment Exchange

NFC Indonesia Berencana Investasi di Ideosource Entertainment

Kamis, 29 Agustus 2019 | 23:08 WIB

JAKARTA, investor.id  – PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), entitas anak dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), mengumumkan rencananya untuk berinvestasi di Ideosource Entertainment (IDEO), sebuah grup film dan hiburan terdepan di Indonesia. Investasi ini diharapkan dapat memperkuat value chain dari NFCX dan IDEO, dari sisi permintaan dan penawaran pada lanskap digital dan hiburan.

Sebagai latar belakang, Indonesia menempati peringkat ke-15 di 20 besar pasar Box Office Internasional dengan ukuran pasar yang mencapai US$400 juta, menurut penelitian MPAA. Lebih lanjut, industri film Indonesia telah mencapai nilai 52 juta pada penjualan tiket untuk film Indonesia pada tahun 2018. Berdasarkan penelitian tersebut, Perseroan memprediksi bahwa film Indonesia dan pasar OTT akan tumbuh sebesar 21% CAGR4Y, dari US$512 juta pada tahun 2018 ke US$1,1 miliar pada tahun 2022.

Andi Boediman, CEO dari IDEO, mengungkapkan, “IDEO memiliki beragam portofolio film fitur Indonesia. ‘Keluarga Cemara’ merupakan  film tersukses kami dengan penonton  yang menembus angka 1,7 juta orang, serta pendapatan lain-lain dari  sponsor dan hak digital.

IDEO juga berinvestasi di deretan film Screenplay Bumilangit, salah satunya adalah ‘Gundala’, pahlawan super komik asli Indonesia oleh alm. Hasmi. Disutradarai oleh Joko Anwar, film ini menceritakan tentang asal usul dari si pahlawan super tersebut, dan menjadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini.”

Namun, dia juga percaya bahwa “Sebagai bagian dari tren global, bisnis hiburan juga turut pemelengkapi bisnis e-commerce. Model ini telah dibuktikan oleh Amazon Prime di Tiongkok dan India, serta Alibaba Pictures di Tiongkok.

“Untuk alasan tersebut, kami yakin bahwa IDEO dan NFCX dapat menciptakan nilai sinergis yang luar biasa. Saat ini, bisnis IDEO mencakup dari investasi film & media, hingga produksi film & media, platform analitik film & media, serta agen pemasaran digital. Ke depannya, kami akan meningkatkan bisnis kami ke bisnis IP licensing and merchandising, menawarkan layanan ini ke brands dan sponsors,” katanya.

Sementara itu, Abraham Theofilus, CEO dari NFCX, menambahkan, sebagai perusahaan digital exchange hub, NFCX terus membangun disruptive platforms di beragam area, termasuk pada media dan ruang iklan. Namun, pihaknya percaya bahwa platform yang kuat harus juga didukung dengan konten yang kuat. Hal tersebut akan menciptakan magnet alami bagi platform tersebut.

“Kami juga melihat bahwa IDEO film dan platform analitik media juga dapat memperkuat infrastruktur programmatic and deep-learning and advertising kami. Dengan dukungan finansial dan ekosistem digital luas dari NFCX, kami dapat membantu IDEO untuk berkembang lebih cepat dan lebih besar,” ujarnya. (gr)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN