Menu
Sign in
@ Contact
Search
Freeport. Foto: IST

Freeport. Foto: IST

Kunjungan Perdana CEO FCX Pasca IUPK Terbit

Senin, 7 Oktober 2019 | 15:15 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.idChief Executive Officer Freeport McMoran Inc Richard Adkerson melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di kantor Kementerian ESDM.

Rombongan Richard tiba di kantornya Jonan sekitar pukul 13.18 WIB. Namun pertemuan itu berlangsung singkat. Pasalnya sekitar 30 menit kemudian, Jonan beserta Richard bertolak untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengaku tidak tahu dimana pertemuan dengan Presiden berlangsung. Dia hanya mendampingi Menteri ESDM dalam pertemuan tersebut.

Bambang menegaskan pertemuan Richard dengan Jonan dan Presiden hanya kunjungan biasa. "Pertemuan biasa saja, courtesy call," kata Bambang di Jakarta, Senin (7/10).

Kunjungan Richard ke Indonesia merupakan kali pertama sejak diterbitkannya Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi pada akhir Desember 2018 kemarin. Akhir tahun lalu merupakan momen Freeport melepaskan Kontrak Karya seiring dengan kesepakatan negosiasi dengan pemerintah.

Kesepakatan itu antara lain kepastian operasi hingga 2041, divestasi 51%, pembangunan smelter dan peningkatan penerimaan negara. Dengan beralihnya menjadi IUPK maka mayoritas saham PT Freeport Indonesia dimiliki mayoritas oleh PT Inalum (persero). Freeport Indonesia sebelumnya dikuasai oleh Freeport McMoRan.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com