Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) Denon Prawiraatmadja

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) Denon Prawiraatmadja

INACA Optimistis Regulasi Transportasi New Normal Kembalikan Minat Naik Pesawat

Rabu, 10 Juni 2020 | 21:05 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) optimistis peraturan menteri perhubungan terkait adaptasi kebiasaan baru di sektor transportasi udara bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan pesawat.

Adapun regulasi yang dimaksud ialah Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 41/2020 dan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No. 13/2020.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menyampaikan, SE No.13 mengatur tegas apa saja yang harus dilakukan maskapai, operator bandara, hingga penyelenggara navigasi sehingga kegiatan masyarakat dapat tetap berjalan, tetapi penyebaran Covid-19 bisa diredam.

"Dalam menyusun aturan ini Kemenhub bisa secara tepat bagaimana caranya calon penumpang bisa melakukan kegiatan ekonomi tetapi pada saat yang sama memenuhi aturan atau protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19," kata Denon di Jakarta, Rabu (10/6).

Dia melanjutkan, salah satu penyesuaian yang diatur dalam SE 13 ialah relaksasi isian pesawat jet narrow dan wide body menjadi maksimal 70% dari total kapasitas. Pada regulasi sebelumnya, yakni Permenhub 18/2020, isian maksimal adalah 50% dari total kapasitas.

Kendati demikian, Denon memperkirakan, dengan adanya relaksasi kapasitas bukan berarti volume penumpang akan langsung kembali ke situasi normal sebelum pandemi Covid-19.

"Terkait dengan penerbangan setelah kapasitas angkutnya direlaksasi hingga 70%, ini tidak berarti kegiatan normal penuh. Ini artinya transisi. Kita tetap memenuhi ketentuan Gugus Tugas dan aturan ini diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk gunakan transportasi udara," imbuh Denon.

Oleh karena itu, Denon mengimbau, para anggota Inaca agar setiap kebijakan yang terdapat pada SE No. 13 dijalankan sebaik mungkin.

Selain itu, dia mengingatkan, maskapai harus secara seksama mengatur slot penerbangannya supaya tak terjadi penumpukan penumpang di bandara.

"Ini tetap masa transisi sampe ke full normal sehingga jangan sampai pengelolaan slot kapasitas di pesawatnya dibatasi tp slot penerbangannya tidak diperhatikan. Intinya kita harus apresiasi Kemenhub. Dalam kaitan ini Kemenhub sangat responsif terhadap masyarakat dan industri," ungkap Denon.

Lebih lanjut, Denon mengakui, adanya pemikiran dari maskapai untuk meminta penyesuaian tarif batas atas karena kapasitas masih dibatasi dan juga kewajiban atas pelaksanaan protokol kesehatan. Namun, menurut dia, wacana ini masih digali lebih lanjut supaya bila nantinya diputuskan tak merugikan banyak pihak.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com