Menu
Sign in
@ Contact
Search
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Foto ilustrasi: bkpm.go.id

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Foto ilustrasi: bkpm.go.id

Selama Covid-19, Penerbitan Izin Usaha Meningkat Hingga 5000/Hari

Jumat, 12 Juni 2020 | 20:05 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan selama pandemi Covid-19, izin usaha yang diterbitkan BKPM terus meningkat hingga 5000 izin per hari, yang didominasi oleh pengusaha yang mengurus izin bidang kesehatan.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan peningkatan izin usaha di tengah pandemi, disebabkan aktivitas pelaku usaha tidak terlalu aktif ke lapangan, jadi lebih banyak bekerja dari rumah, sehingga aktivitasnya tidak terlalu aktif dalam produksi.

Sehingga perusahaaan lebih banyak yang justru mempersiapkan kondsi internal usahanya dengan menyiapkan perizinan.

“Di era Covid -19 temen-temen pengusaha ini bukan berarti mengurungkan niatnya untuk mengurus perizinan. Kita bahkan per hari mengeluarkan izin usaha itu kurang lebih sekitar 4.000 sampai 5.000 izin usaha,” kata Bahlil saat halal bihalal  secara virtual, Jumat (12/6).

Menurut dia, saat ini penerbitan izin paling tinggi sektor kesehatan untuk memproduksi APD, dan berbagai alat kesehatan untuk penanganan Covid-19, sektor manufaktur diarahkan yang padat karya untuk mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, kemudian izin di sektor infrastruktur dan juga pertambangan.  Kemudian ia mengatakan arah investasi yang diinginkan Presiden Joko Widodo dengan orientasi penciptaan nilai tambah , lapangan kerja bisa dorong kinerja ekspor.

Akan tetapi jika dibandingkan dari angka realisasinya, sektor manufaktur, infrastruktur dan pertambangan masih lebih banyak dibandingkan sektor kesehatan, yang hanya memproduksi Alat Pelindung Diri.  

“Izin usaha jika dibandingkan realisasi jumlah angka dan unit proyek. Jika berdasarkan angka, saya masih yakin realisasinya lebih besar ketiga sektor tersebut. Karena sektor kesehatan hanya berupa Alat Pelindung Diri,”tuturnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com