Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kampus UPH

Kampus UPH

Edukasi Perpajakan Mahasiswa, UPH Gandeng DJP Sediakan Tax Center

Kamis, 23 Juli 2020 | 18:41 WIB
Sanya Dinda (sanya.susanti@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  – Sebagai landasan edukasi perpajakan dan penyebarluasan informasi perpajakan kepada mahasiswa dan masyarakat, Universitas Pelita Harapan (UPH) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyediakan Tax Center di Kampus UPH.

Kerja sama ini dilakukan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual oleh Rektor UPH, Jonathan L. Parapak, dan Kepala Kantor Wilayah DJP Banten, Jatnika, pada Selasa (21/7) lalu.

Jonathan menyambut baik kerja sama tersebut mengingat pajak merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan negara.

“Kami di UPH sangat menyambut baik dengan adanya kerja sama ini. Tax Center kami adakan untuk mahasiswa yang ingin mendalami perpajakan yang sangat penting untuk negara ini. Kerja sama ini dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa kita yang ingin berprofesi sebagai wirausaha karena akan berdekatan dengan pajak” kata Parapak dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (23/7).

Rektor UPH Jonathan L Parapak. Foto: IST
Rektor UPH Jonathan L Parapak. Foto: IST

Penandatanganan MoU virtual itu juga dihadiri oleh Dekan UPH Business School, Gracia Shinta S. Ugut, Kepala Program Studi (Kaprodi) Akuntansi UPH, Wijaya Triwacana Ningrum, dan seluruh dosen Program Studi Akuntansi UPH Business School, serta segenap pihak dari DJP Banten.

Parapak melanjutkan, kerja sama antara UPH dengan DJP selain sebagai landasan edukasi perpajakan dan penyebarluasan informasi perpajakan, juga untuk meningkatkan pengetahuan, kepatuhan, kesadaran, dan kepedulian tentang hak dan kewajiban perpajakan kepada masyarakat pada umumnya.

Dia menambahkan, dengan MoU ini, kerjasama DJP dengan kalangan perguruan tinggi meningkat demi tercapainya penerimaan perpajakan dan program kerja DJP.

Parapak mengatakan, nantinya UPH akan bekerja sama dengan DJP untuk menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan perpajakan kepada civitas akademika dan masyarakat, penelitian bersama, kajian akademis atas peraturan perpajakan, serta pertukaran data dan informasi yang bermanfaat.

Melalui kerja sama yang berlangsung hingga lima tahun ke depan, Parapak berharap hubungan antar kedua belah pihak dapat menguat.

Selain itu, kedua belah pihak juga dapat saling mempromosikan kegiatan perpajakan masing-masing instansi yang bermanfaat bagi dosen, staf, mahasiswa, dan DJP sendiri.

“Sebenarnya kegiatan Tax Center UPH sudah dilaksanakan dari tiga tahun lalu, namun tahun ini kita resmikan lagi dan untuk kegiatannya nanti kita akan menyediakan tempat yang dapat dipakai untuk mengadakan event-event, seminar atau sosialisasi tentang perpajakan, kita terus bersosialisasi dengan kantor DJP Banten untuk menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya. Namun karena saat ini masih dalam situasi pandemi kita masih belum bisa melaksanakan itu dan untuk sekarang paling jika ada mahasiswa yang ingin melakukan penelitian untuk tesis dan semacamnya di DJP,” jelas Kepala Program Studi Akuntansi UPH, Wijaya Triwacana Ningrum.

Sementara itu, Jatnika mengatakan pihaknya senang dapat menjalin kerja sama dengan UPH. Pasalnya, UPH merupakan salah satu perguruan tinggi yang besar dan banyak mahasiswanya yang berprestasi.

“Kita senang ya dapat berkerja sama dengan UPH karena UPH banyak menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini. Dan juga dari kerjasama ini saya banyak berharap bahwa dengan adanya tugas DJP untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membayar pajak dapat dibantu oleh masyarakat sehingga kita coba dekat dengan universitas-universitas untuk melakukan sosialisasi tentang perpajakan,” ucap Jatnika.

Begitupula Dekan UPH, Gracia Shinta, yang berharap kerjasama ini membuat kedua belah pihak nantinya dapat berkolaborasi mengadakan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran membayar pajak sejak dini.

“Saya sangat senang dengan adanya kerja sama ini dan berharap semakin memperkaya pengetahuan mahasiswa akan perpajakan dari segi praktik, sehingga nantinya akan ada inovasi-inovasi baru yang dapat berdampak baik bagi negara,” ungkap Gracia.

Ke depannya melalui kegiatan kerja sama tersebut, Gracia berharap UPH dapat terus berkontribusi dalam kemajuan dan kecerdasan bangsa melalui kerja sama yang terbangun dengan beragam pihak, seperti dengan Ditjen Pajak ini.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN