Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Syahrul Yasin Limpo. Sumber: BSTV

Menteri Syahrul Yasin Limpo. Sumber: BSTV

SYL Dorong Pemulihan Ekonomi Asean-Global Melalui Sektor Pertanian

Minggu, 25 Oktober 2020 | 10:18 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong pemulihan ekonomi jangka panjang untuk wilayah Asean dan global secara menyeluruh terutama di sektor pertanian. Pemulihan ekonomi perlu dilakukan secara perlahan meskipun pandemi masih berlangsung.

SYL terlibat  dalam penyusunan Asean Comprehensive Recovery Framework (ACRF), keterlibatan SYL merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan sehingga bisa mendorong pemulihan ekonomi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Momon Rusmono mengatakan, selama ini Kementan sudah berperan aktif dalam pencapaian ketahanan pangan regional dan global khususnya dalam kerangka kerjasama dengan Asean, pemerintah terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan serta meningkatkan pendapatan keluarga petani.

Sektor pertanian memang menjadi solusi untuk kebangkitan ekonomi karena dapat dilihat selama pandemi, sektor pertanian lah yang bisa tumbuh dan masih bisa memberikan kontribusi terhadap PDB.

Peran petani dalam pemenuhan pangan bagi lebih 273 juta masyarakat Indonesia sangat baik, pada September 2020, Nilai Tukar Petani naik sebesar 101,66 jika dibandingkan NTP Agustus 2020 sebesar 100,65.

Saat ini, Kementan juga telah menerapkan kebijakan empat cara bertindak dalam rangka menjaga ketersediaan pangan di era new normal, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas produksi dan cadangan pangan.

“Diversifikasi pangan lokal berbasis kearifan lokal terus ditingkatkan dan pengembangan pertanian modern harus menjadi prioritas,” ujar dia kepada Investor Daily, di Jakarta, belum lama ini.

Di sisi lain, Sektor pertanian akan maju jika melibatkan petani milenial karena petani juga harus mempunyai generasi penerus.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa regenerasi petani merupakan kunci utama dalam menjaga ketahanan pangan nasional dan ia berharap petani milenial dapat menjadi inspirasi bagi bangsa.

Dalam ACRF, pertumbuhan petani milenial juga didorong dan merupakan aset penting untuk memajukan pertanian ke depannya.

Anak muda harus belajar memanfaatkan waktunya sendiri dan bisa menjadi inisiator dan kunci menjadi seorang petani sukses adalah berinovasi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com