Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) Denon Prawiraatmadja

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) Denon Prawiraatmadja

INACA Siapkan White Paper Industri Penerbangan Nasional

Sabtu, 27 Maret 2021 | 05:43 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Tidak bisa dimungkiri bahwa sektor transportasi, khususnya angkutan udara, paling terdampak dengan pandemi Covid-19 ini. Sebagai satu-satunya asosiasi perusahaan penerbangan di Tanah Air, saat ini Indonesia National Air Carriers Association (INACA) tengah menyelesaikan white paper industri penerbangan nasional.

Dijelaskan oleh Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja bahwa dalam penyusunan white paper ini pihaknya telah melakukan kajian yang mendalam dan bekerja sama dengan para akademisi perguruan tinggi serta didukung juga oleh Kementerian dan lembaga terkait industri penerbangan nasional.

"White paper ini adalah rilis resmi INACA berisikan tentang proyeksi kapan penerbangan nasional akan pulih seperti keadaan normal sebelum pandemi ini terjadi. Seperti kita ketahui bahwa pada tahun 2018 dan 2019 jumlah penumpang angkutan udara mencapai 100 juta orang, bahkan sampai mencapai 115 juta penumpang dengan komposisi 80% domestik dan 20% internasional,” kata Denon dalam siaran pers, Jumat (26/3).

Pria yang juga menjabat sebagai CEO Whitesky Aviation ini menambahkan dalam penyusunannya yang di mulai sejak akhir tahun lalu pihaknya telah melakukan sedikitnya tiga kali Focus Group Discussion (FGD) yang mengundang para ahli di bidangnya.

Irfan Setiaputra. Foto: IST
Irfan Setiaputra. Foto: IST

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina INACA, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa upaya pemulihan sektor industri penerbangan nasional yang saat ini dalam kondisi yang penuh dengan tantangan membutuhkan sinergitas dan soliditas seluruh ekosistem industri penerbangan yang salah satunya berkenaan dengan upaya pemulihan industri melalui momentum vaksinasi nasional.

Momentum vaksinasi tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu turning point tersendiri dalam upaya meningkatkan confident dan trust masyarakat terhadap transportasi publik khususnya transportasi udara, dimana hal tersebut tentunya dengan tetap  disertai dengan komitmen penerapan protokol kesehatan secara konsisten pada seluruh lini operasional penerbangan.

"Kami sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan yang turut memprioritaskan pemberian vaksinasi untuk pekerja industri penerbangan, karena di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini aspek safety merupakan prioritas utama yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan sarana transportasi udara" kata pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Namun demikian, tambahnya, aspek safety itu sendiri merupakan sebuah persepsi bagi setiap individu, sehingga penting bagi industri penerbangan untuk saling berkolaborasi dalam membangun awareness masyarakat melalui serangkaian program sosialisasi serta penyesuaian fasilitas dan layanan dengan tujuan memastikan safety pengguna jasa terjaga dengan baik.

Irfan juga mengatakan melalui dukungan yang diberikan oleh pemerintah terhadap aspek kesehatan para pekerja industri penerbangan yang diiringi dengan kesiapan industri penerbangan memasuki era kenormalan baru saat ini, diharapkan turut mendorong bangkitnya aktivitas sosial ekonomi dan pariwisata di Tanah Air. 

Pasalnya, kata Irfan, industri penerbangan merupakan salah satu kontributor utama perekonomian nasional di mana industri penerbangan menyumbang lebih dari 2,6% produk domestik bruto (PDB) serta menyediakan sekitar 4,2 juta tenaga kerja. Sehingga dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, industri penerbangan nasional membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com