Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Archi Indonesia mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan terhadap usaha penerapan prinsip-prinsip aspek Environmental, Social and Governance (ESG).

Archi Indonesia mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan terhadap usaha penerapan prinsip-prinsip aspek Environmental, Social and Governance (ESG).

Archi Indonesia Raih Nilai Memuaskan Praktik ESG

Rabu, 7 April 2021 | 05:18 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  – Archi Indonesia, salah satu perusahaan tambang pure-play emas terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, berhasil mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan terhadap usaha penerapan prinsip-prinsip aspek Environmental, Social and Governance (ESG).

Penilaian dan laporan dilakukan oleh PT Lorax Indonesia di Tambang Emas Toka Tindung, yang dioperasikan oleh anak perusahaan Archi, MSM dan TTN.

Penilaian tersebut dilakukan dengan melakukan perbandingan kinerja ESG di MSM dan TTN dengan perusahaan-perusahaan pertambangan logam lainnya di Indonesia.

Wakil Direktur Utama Archi, Rudy Suhendra mengungkapkan kebanggaan dan komitmen perusahaan yang akan terus dijalankan Archi.

Hal itu mencerminkan hasil dari upaya nyata yang berkelanjutan dan sejalan dengan salah satu misi perusahaan, yakni untuk membina pengembangan karyawan, mata pencaharian masyarakat sekitar, dan kepedulian lingkungan, serta menjamin tata kelola perusahaan yang baik dalam segala hal yang perusahaan lakukan.

“Namun, kami tidak berpuas diri atas hasil asesmen tersebut dan berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan dari sisi praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik serta kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Selasa (6/4).

Dalam menegakkan prinsip-prinsip ESG perusahaan,lanjut Rudy, Archi beserta anak perusahaannya telah menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah Sulawesi Utara.

Pada bulan Agustus 2020, Archi melalui entitas anak perusahaannya, MSM dan TTN, menunjukkan komitmen dalam membantu menangani wabah Covid-19 dengan mendonasikan satu unit mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Pemerintah Sulawesi Utara. Berbagai kegiatan CSR yang dilakukan Archi melalui anak perusahaannya, MSM dan TTN, berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya adalah penghargaan “Platinum” untuk Indonesia CSR Award 2020 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development.

Lebih lanjut Rudy mengatakan, Archi juga memiliki komitmen yang tinggi dalam memastikan keberlanjutan lingkungan hidup sejalan dengan program Pemerintah.

Lebih dari 70% air yang digunakan untuk Tambang Emas Toka Tindung merupakan daur ulang dari tailing pool, dengan kurang dari 30% diambil dari air permukaan (air hujan ditampung di kolam sedimen dan air sungai), yang meminimalkan dampak terhadap sumber daya air di lingkungan setempat.

“Hal ini merupakan wujud nyata dari program perusahaan untuk penyediaan air bersih kepada masyarakat lingkar tambang,” tambahnya.

Rudy menambahkan pihaknya juga memiliki rencana untuk terus mengembangkan operasional perusahaan demi meningkatkan kontribusi perusahaan terhadap ekonomi nasional dan lokal. Salah satu rencana Archi yang akan datang termasuk peningkatan kapasitas Pabrik Pengolahan di Tambang Emas Toka Tindung dari 3,6 juta ton per tahun pada akhir 2020 menjadi 8,0 juta ton per tahun pada akhir 2025.

“Kapasitas ini akan memungkinkan Archi untuk mencapai produksi sebanyak lebih dari 450 kilo ons atau setara dengan lebih dari 14 ton emas per tahun,” tutupnya. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN