Menu
Sign in
@ Contact
Search
Salah satu armada pesawat Citilink di bandara. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Salah satu armada pesawat Citilink di bandara. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Riset Moderat INACA-Unpad Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Pulih 2024

Kamis, 15 Apr 2021 | 14:13 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Hasil riset Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dan Universitas Padjajaran (Unpad) memprediksi secara moderat jumlah penumpang penerbangan domestik akan kembali normal pada Desember 2024.

Tim riset INACA-Unpad Yayan Satyakti mengungkapkan, skenario pulih secara moderat itu tentu ditopang dengan kecepatan proses vaksinasi Covid-19 seperti yang tengah berjalan saat ini.

"Berdasarkan skenario moderat, pada Desember 2019 total penumpang domestik 79,02 juta, kemudian Desember 2020 jadi 35,41 juta, dan reborn bulan Desember 2024. Tapi kita lihat pergerakan sudah mulai ada pada 2022," kata Yayan dalam Webinar INACA White Paper, Kamis (15/4).

Dia menambahkan, vaksin Covid-19 menjadi elemen pengubah dampak pandemi yang sudah berlangsung selama satu tahun ini.

Advertisement

Karena itu, lanjut dia, apabila proses vaksinasi dilakukan dengan skala dua kali lebih masif dibandingkan sekarang disertai komitmen penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh maskapai, maka pemulihan volume penumpang penerbangan domestik akan terjadi lebih cepat pada Desember 2022.

"Skema optimis, reborn-nya lebih cepat dibandingkan kondisi normal sebanyak 79,02 juta penumpang, itu akan dicapai pada tahun 2022," ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad tersebut.

Yayan menuturkan, berdasarkan hasil riset, ternyata peningkatan volume penumpang pesawat itu bukan hanya berdasarkan keleluasaan dan kenaikan mobilitas saja, tapi juga adaptasi yang baik terhadap protokol kesehatan.

"Selama maskapai memperoleh trust masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan dan daerah yang bersangkutan, baik destinasi dan originnya itu aman, maka itu yang meningkatkan permintaan penumpang domestik," ucap Yayan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com