Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petani memanen padi di desa Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Petani memanen padi di desa Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Kliring Berjangka Indonesia Catatkan Resi Gudang Pertama Komoditas Beras Purwakarta

Selasa, 25 Mei 2021 | 14:57 WIB
Muhammad Ghafur Fadila

JAKARTA, Investor.id - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI) secara perdana mencatat registrasi resi gudang beras dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Beras yang dimasukkan ke Sistem Resi Gudang kali ini sebanyak 25.000 kg, dengan nilai barang mencapai Rp 287 juta.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan, setelah resmi tercatat, resi gudang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan. Pemanfaatan resi gudang ini dapat menjadi contoh bagi para petani dan pemilik komoditas di daerah lain, di mana saat produksi tinggi dan harga turun maka petani dan pemilik komoditas dapat menyimpan komoditasnya terlebih dahulu melalui Sistem Resi Gudang.

“Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa diperoleh para petani dan pemilik komoditas dengan memanfaatkan Sistem Resi Gudang. Tentunya tidak hanya untuk komoditas beras, tapi juga untuk komoditas lain yang telah diatur oleh pemerintah,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5).

Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No 14 tahun 2021 tentang barang dan persyaratan barang yang dapat disimpan dalam sistem resi gudang adalah gabah, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, kopra, teh, rumput laut, gambir, timah, gula putih kristal, kedelai, serta ayam karkas beku.

Fajar menambahkan, untuk pemanfaatan resi gudang dalam komoditas beras, KBI telah meregistrasikan sebanyak 16 Resi Gudang, dengan jumlah 1.136.000 Kg, dan nilai pembiayaan sebesar Rp 5,29 miliar. Sedangkan sepanjang tahun 2020, resi gudang beras yang diregistrasikan di PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sebanyak 39 resi gudang dengan jumlah 2.460.300 Kg, dan nilai pembiayaan sebesar Rp 22,96 miliar.

KBI berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para petani dan pemilik komoditas untuk memanfaatkan sistem resi gudang.

Sebagai informasi, Kabupaten Purwakarta selama 2019 dan 2020 mengalami surplus beras, karena hasil produksi yang melebihi kebutuhan di wilayah tersebut. Hal ini dikarenakan dengan jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta yang sebanyak 950.066 jiwa, kebutuhan beras hanya mencapai 109.257 ton per tahun, dengan asumsi 115 kg per kapita per tahunnya.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN