Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR: Perubahan UU Jalan Bertujuan Baik

Selasa, 25 Mei 2021 | 21:02 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mewakili pandangan pemerintah terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan menyampaikan tujuan perubahan UU tersebut untuk menyelenggarakan jalan lebih berkeadilan dan menunjang kesejahteraan rakyat.

"Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih atas awal dari pembahasan perubahan UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan ini," ucap Menteri Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (25/5).

Sebagaimana disampaikan dalam pandangan Presiden, Menteri Basuki percaya bahwa semangat dan tujuan DPR dan Pemerintah dalam hal perubahan UU ini sama yaitu untuk menyelenggarakan jalan di Indonesia menjadi lebih baik, lebih berkeadilan, dan dapat menunjang kesejahteraan rakyat.

"Untuk itu, kami serahkan sepenuhnya kepada panitia kerja (panja) nanti dan juga tim pemerintah dengan harapan akan mendapatkan RUU yang lebih baik dari UU yang sudah ada Nomor 38 Tahun 2004. Seperti juga disampaikan anggota Komisi V DPR RI perubahan ini pasti kita ingin mempunyai UU yang lebih baik," jelasnya.

Sementara itu, ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengungkapkan pembahasan RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan akan dimulai pada 21 Juni 2021. Hal ini dilakukan mengingat awal Juni nanti Komisi V DPR RI akan membahas pra anggaran untuk 2022.

"Selesai pra anggaran, masuk 21 Juni kita mulai pembahasan. Panja yang diketuai oleh Pak Ridwan Bae mulai bekerja bersama Pemerintah membahas Daftar Inventaris Masalah (DIM) dari UU ini," ucap Lasarus.

DIM yang ditetapkan berjumlah 614 yang terdiri dari DIM substansi dan rumusannya akan dapat langsung disetujui dalam rapat kerja. Namun, apabila ada keterkaitan dengan pasal-pasal lain, Lasarus memastikan, akan tetap dibuka kembali.

"Kita gak boleh ngunci karena masih dalam ruang panja. Di ruang panja itu semua bisa kita perbaiki dan sempurnakan," tambahnya.

Selanjutnya, tim-tim lain yang memiliki usulan perubahan yang mana dari pemerintah berupa perubahan substansi, penambahan subtansi baru, dan penghapusan dipindahkan ke bab lain. Kemudian diserahkan kepada panja untuk dibahas lebih lanjut dan mendalam serta komprehensif.

Terkait pembentukan panja pembahasan RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan sesuai ketentuan Pasal 158 peraturan tata tertib DPR RI dan keputusan rapat kerja 24 Mei 2021 mengenai mekanisme pembahaan RUU perubahana atas UU tersebut, maka keanggotaan dari Komisi V DPR RI paling banyak separuh dari jumlah anggota Komisi V DPR RI dengan komposisi jumlah tetap sebanyak 33 anggota panja dari separuh masing-masing anggota fraksi di Komisi V.

Lasarus juga mengingatkan pihaknya pernah memiliki pengalaman pahit ketika pengesahan UU Sumber Daya Air hampir mengalami pembatalan sebanyak dua kali saat paripurna. Bahkan yang pertama benar-benar batal.

Menurutnya, pernah ada dua kementerian yaitu Kemendagri dan Kementerian ESDM mengirim surat ke pimpinan daerah meminta supaya paripurna pengesahan UU tentang SDA ditunda lebih dulu. Sementara Presiden sudah mengutus menteri mewakili Presiden untuk mengesahkan di paripurna.

"Saya harap, untuk UU Jalan ini, jangan terjadi lagi. Saya minta dari kementerian hadir dan ikuti secara cermat sesuai tupoksi kementerian masing-masing dan tidaklah elok kalau pemerintah sendiri tidak satu pandangan," tuturnya.

Karena itu, ia berharap di pembahasan UU tentang Jalan ini karena mitranya dipimpin langsung oleh Menteri PUPR dalam hal ini Dirjen Bina Marga selaku leader, ia menekankan ketika ada perbedaan pendapat di Pemerintah agar diselesaikan dengan baik. "Jangan sampai masuk ranah paripurna," tutupnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com