Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Produk galon isi ulang. Foto ilustrasi: IST

Produk galon isi ulang. Foto ilustrasi: IST

Perhimpunan Dokter NU Dukung Aturan BPOM terkait Air Kemasan Galon Guna Ulang

Selasa, 8 Juni 2021 | 09:50 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) mendukung aturan BPOM tentang keamanan galon guna ulang, PDNU sampai saat ini masih mengkonsumsi air kemasan galon guna ulang.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua PDNU, Muhammad Niam mengatakan ada pihak- pihak yang menyebutkan bahwa PDNU tidak setuju dengan aturan BPOM.
 

Belum ada terdengar berita atau penyakit yang ditimbulkan setelah meminum air galon guna ulang, semua air galon guna ulang yang beredar di pasar tidak mengandung BPA.

“Belum ada bukti bahwa air galon guna ulang membahayakan kesehatan, masyarakat baru percaya jika air galon guna ulang itu membahayakan jika sudah dimuat dalam jurnal ilmiah,” ujar dia dalam siaran persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Selasa (8/6).

Ia menegaskan PBNU dan PDNU tetap mendukung BPOM yang merupakan lembaga berwenang dan memastikan keamanan pangan di Indonesia.

BPOM sudah memberikan pernyataan bahwa air minum dalam kemasan galon guna ulang aman dikonsumsi. Dijelaskan berdasarkan hasil pengawasan BPOM terhadap kemasan galon AMDK yang terbuat dari Polikarbonat selama lima tahun terakhir menunjukkan migrasi BPA di bawah 0.01 bpj (10 mikrogram/Kg) atau masih dalam batas aman.
 

BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan, peraturan ini mengatur persyaratan keamanan kemasan pangan termasuk batas maksimal BPA.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN