Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Arsjad Rasjid.    HO/Dok. pribadi

Arsjad Rasjid. HO/Dok. pribadi

Selamat Datang Pemimpin Baru Kadin Indonesia

Selasa, 29 Juni 2021 | 20:31 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

KENDARI, investor.id – Kota Kendari menjadi saksi bisu awal kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, periode 2021-2026. Kepemimpinan Arsjad, yang kini menjabat Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, akan disahkan pada Munas VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang akan diselenggarakan 30 Juni – 1 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri Munas VIII Kadin sekaligus menyaksikan pengesahan Arsjad sebagai ketua umum baru Kadin Indonesia.

 Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid. (Ist)
Arsjad Rasjid. (Ist)

Tidak mudah bagi Arsjad untuk meraih kursi Kadin-1. Berbagai upaya dilakukannya untuk meyakinkan para pengusaha di daerah, baik yang tergabung dalam Kadin maupun asosiasi/himpunan/organisasi pengusaha lainnya. Syukurlah, mayoritas pengusaha mendukung langkah Arsjad. 

Ia juga menyatakan, sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan Kadin Indonesia sangat mengapresiasi kepemimpinan Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Umum Kadin Periode 2015-2021, khususnya dalam mencetuskan Program Vaksinasi Gotong Royong.

“Kami akan lanjutkan vaksinasi Gotong Royong. Nanti, pada saat kunjungan Bapak Presiden Jokowi, Kadin akan melakukan vaksinasi kepada 15 ribu orang,” kata Arsjad di Kendari, Selasa (29/6/2021).  

Calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Sumber: BSTV
Calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Sumber: BSTV

Sebagai pemimpin baru Kadin, tentu saja, banyak kalangan yang menyebutkan  Arsjad  sebagai figur yang sangat  beruntung. Betapa tidak, tanpa harus melalui lika-liku pertarungan sengit dalam prosesi pemungutan suara, Arsjad berhasil memenangkan ‘pertarungan.’  

Perjuangannya selama tiga bulan, sejak mendeklarasikan pencalonannya sebagai Ketua Umum Kadin, pada Maret 2021, akhirnya membuahkan hasil gemilang.

“Saya berterima kasih diberikan kepercayaan ini,” kata dia.

Ia mengungkapkan tekadnya untuk mewujudkan Kadin sebagai organisasi yang inklusif serta melibatkan pengusaha mikro, kecil, menengah, dan besar.

Lambang Kadin Indonesia
Lambang Kadin Indonesia

“Itu tekad saya. Saya juga akan menciptakan suatu kolaborasi atau kemitraan strategis antara Kadin Indonesia sebagai wadah pengusaha dengan pemerintah,” katanya. 

Arsjad mengaku akan mewakafkan waktu, tenaga, dan pikirannya bagi kemajuan Kadin sehingga organisasi itu akan menjadi  Rumah Bersama Pengusaha.

“Kalau Kadin diibaratkan perusahaan, maka seluruh Kadin Daerah dan Asosiasi adalah pemegang sahamnya. Tugas Kadin Indonesia adalah menciptakan values bagi para pemegang sahamnya. Kadin Daerah yang tahu apa isu lokalnya, Asosiasi yang mengerti industrinya. Ini yang harus kita kombinasikan menjadi kekuatan besar,” katanya.

Sewa Pesawat

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani Sumber: BSTV
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani Sumber: BSTV

Sementara itu, Ketua Umum  Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani optimistis Munas VIII Kadin yang berlangsung  selama dua hari di Kendari akan berlangsung kondusif. Pihak-pihak yang selama beberapa bulan terakhir bersaing mencari dukungan, akhirnya memilih untuk bersatu demi kemajuan Kadin.

Kadin, lanjutnya, mempersiapkan fasilitas berupa pesawat charter untuk para peserta Munas VIII Kadin di Kendari. Dikatakan, semua peserta yang akan hadir wajib menjalani tes kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk masuk ke dalam ruang pertemuan wajib melakukan tes antigen. Kami juga  carterkan pesawat Garuda untuk para peserta. Kami benar-benar akan menjaga protokol kesehatan demi keselamatan semua,” ujar Rosan.

Ia  mengatakan Panitia Pelaksana mewajibkan setiap peserta melakukan tes swab PCR maupun Antigen untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.  “Pelaksanaan protokol kesehatan wajib dijalankan. Semua peserta harus mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Keputusan Bersama

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani bersama calon Ketum Anindya Bakrie (kiri) dan Arsjad Rasjid (kanan). Sumber: BSTV
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani bersama calon Ketum Anindya Bakrie (kiri) dan Arsjad Rasjid (kanan). Sumber: BSTV

Pada  Senin (28/6/2021), sekitar pukul 13.30 WIB, Presiden Jokowi menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada pertemuan itu, Rosan juga membawa dua calon ketua umum yang akan memperebutkan kursi Kadin-1. Mereka adalah Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

Sekitar satu jam kemudian, Rosan didampingi Arsjad dan Anindya keluar dari Kompleks Istana Kepresidenan. Di beranda sayap kiri Istana Negara, Rosan bersama Arsjad dan Anindya memberikan pernyataan pers.

Arsjad Rasjid bersama Anindya Bakrie. Foto: IST
Arsjad Rasjid bersama Anindya Bakrie. Foto: IST

“Intinya, keduanya setuju keduanya menjadi ketua, yang satu menjadi ketua dewan pertimbangan yaitu Bapak Anindya Bakrie, dan Pak Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin,” kata Rosan.

Ia menjelaskan bahwa pengesahan mengenai kepemimpinan Arsjad untuk lima tahun kedepan akan dilakukan pada Munas VIII Kadin di Kendari.

“Ini akan dibawa ke Munas sesuai AD/ART. Itu keputusan yang sudah tercapai. Kita akan sampaikan ini kepada Presiden secara tertulis,” kata Rosan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN