Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus mengejar penyelesaian proyek peningkatan kapasitas dan perbaikan (upgrading) Kilang Balikpapan pada 2026. Proyek ini digarap dalam dua tahap di mana fase pertama ditargetkan rampung pada 2024 dan fase kedua pada 2026. (sumber: doc. Pertamina)

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus mengejar penyelesaian proyek peningkatan kapasitas dan perbaikan (upgrading) Kilang Balikpapan pada 2026. Proyek ini digarap dalam dua tahap di mana fase pertama ditargetkan rampung pada 2024 dan fase kedua pada 2026. (sumber: doc. Pertamina)

Pertamina Kejar Target Penyelesaian Kilang Balikpapan

Rabu, 30 Juni 2021 | 14:01 WIB
Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus mengejar penyelesaian proyek peningkatan kapasitas dan perbaikan (upgrading) Kilang Balikpapan pada 2026. Proyek ini digarap dalam dua tahap di mana fase pertama ditargetkan rampung pada 2024 dan fase kedua pada 2026.

Sekretaris Perusahaan KPI Ifki Sukarya menuturkan, hingga akhir Juni, kemajuan pembangunan fisik proyek upgrading Kilang Balikpapan telah mencapai 35,74%. PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) sebagai penanggung jawab proyek, telah melaksanakan acceleration meeting dengan joint operation (JO) pelaksana proyek.

Proyek Kilang Balikpapan juga telah mencapai sejumlah tonggak pencapaian (milestones). “Hingga akhir triwulan I kemarin, proyek telah mencapai beberapa milestones, yakni delivery tiga unit boiler pada Februari tahun ini, disusul delivery Alkylation Reactor pada Maret kemarin,” jelas Ifki dalam keterangan resminya, Rabu (30/6).

Pada triwulan kedua ini, lanjut dia, pihaknya juga telah mencapai operational acceptance relokasi flare pada April 2021 dan pengiriman lima unit steam turbine generator pada bulan ini. KPI terus mengejar pengerjaan proyek lantaran Proyek Kilang Balikpapan dan Terminal Lawe-Lawe merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Demi kemandirian energi negeri dan untuk menjaga profitabilitas Kilang Balikpapan, proyek tetap harus melaju cepat dengan langkah yang tepat. Kilang untung, bangsa untung,” ungkap Ifki.

Ifki menjelaskan, Proyek Kilang Balikpapan terdiri dari dua fase. Pada fase pertama yang ditargetkan selesai pada 2024, kapasitas kilang akan dinaikkan dari 260 ribu barel per hari (bph) menjadi 360 ribu bph. Pada tahap ini, kilang juga dapat menghasilkan produk-produk yang memenuhi standar Euro V.

“Produk standar Euro V sendiri memiliki keunggulan yang utama, yaitu lebih ramah lingkungan dengan bahan bakar minyak yang lebih berkualitas dengan tingkat konsumsi yang lebih hemat,” ujarnya.

Pada fase kedua yang ditargetkan rampung pada 2026, sambung Ifki, proyek tersebut akan meningkatkan fleksibilitas pasokan minyak mentah. Kilang akan mampu mengolah minyak mentah yang lebih banyak tersedia di pasaran dengan harga lebih ekonomis, yaitu minyak mentah asam (sour crude) dengan kandungan belerang (sulfur) sebanyak 2%.

Proyek Kilang Balikpapan juga mencakup pengembangan sejumlah fasilitas pendukung di Terminal Lawe-Lawe. Rincinya, pembangunan dua tangki penyimpanan minyak mentah berkapasitas masing-masing 1 juta barel, pembangunan fasilitas penerimaan pasokan minyak mentah dari kapal tanker (Single Point Mooring/SPM) berkapasitas 320.000 tonase bobot mati (deadweight tonnage/DWT), serta pembangunan fasilitas pipa darat dan lepas pantai dari SPM ke Terminal Lawe-Lawe dan dari Terminal Lawe-Lawe ke Kilang Balikpapan.

Proyek Kilang Balikpapan diharapkan akan mendorong peningkatan devisa serta penerimaan pajak. Upaya ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kemandirian energi serta menekan defisit neraca perdagangan (Current Account Deficit/CAD) dengan menurunkan impor produk bahan bakar minyak (BBM) dan petrokimia secara signifikan.

Editor : Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com