Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Kamar Hotel. (ist)

Ilustrasi Kamar Hotel. (ist)

Pemerintah Masih Nunggak Biaya Isolasi di Hotel Jakarta Rp 140 Miliar

Senin, 5 Juli 2021 | 14:46 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono menyebut pemerintah saat ini masih menunggak biaya akomodasi tenaga medis dan isolasi mandiri di 14 hotel yang ada di Jakarta sekitar Rp 140 miliar. Iwantono berharap tunggakan tersebut dapat segera dilunasi lantaran pengusaha hotel sudah mengalami kesulitan cash flow.

"Menurut laporan dari teman-teman itu sekitar Rp 140 miliar yang belum terbayar bagi sejumlah hotel, ini mulai Februari sampai Juli 2021. Ini mohon agar segera dicairkan, karena itu kan megap-megap sekali cash flow-nya," kata Iwantono dalam acara diskusi dengan media, Senin (5/7/2021).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Kebijakan Publik Sutrisno Iwantono
 Sutrisno Iwantono

Iwantono juga berharap agar hotel yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan akomodasi tenaga medis dan isolasi bagi OTG dapat diperluas kepada lebih banyak hotel.

"Jadi hotel-hotel yang selama ini belum mendapatkan itu sebaiknya diikutsertakan, supaya semuanya kebagian karena semua juga mengalami kesulitan," ujarnya.

Iwantono menambahkan, adanya kebijakan PPKM Darurat juga akan berdampak langsung pada penurunan tingkat hunian kamar, khususnya bagi hotel-hotel non-program karantina dan repatriasi dan penampungan OTG.

“Diperkirakan akan terjadi penurunan tingkat hunian kamar dari rata-rata saat ini 20% – 40% menjadi sekitar 10% – 15%. Terjadinya berbagai pembatalan pesanan, baik kamar maupun kegiatan yang sudah terencana dan terjadwal, dan juga adanya potensi dispute terkait dengan pengembalian down payment atau advance booking,” kata Iwantono.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com