Menu
Sign in
@ Contact
Search
industri keramik

industri keramik

Kemenperin Kawal Penerapan Prokes Perusahaan IKTF

Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:21 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan akan terus secara aktif mengawal penerapan protokol kesehatan yang menjadi kunci pengembangan industri saat pandemi. Dengan penerapan protokol kesehatan di perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri, akan memberikan ruang untuk tetap mempertahankan produktivitas sektor tersebut.

Untuk memastikan penerapan protokol kesehatan oleh perusahaan industri di sektor keramik dan tekstil pemegang Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI), Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (Dirjen IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam melakukan peninjauan di perusahaan PT Surya Toto Indonesia Tbk  dan PT Adis Dimension Footwear PCC di Cikupa, Tangerang, pada 10 Agustus 2021.

“Dalam kurun waktu hampir dua tahun, perusahaan-perusahan yang kami tinjau sudah bisa menerapkan protokol kesehatan dengan lebih detail, tentunya setelah melewati proses trial and error. Saat ini konsep penerapan protokol kesehatan di perusahaan adalah 6M ditambah 3T,” kata Khayam dalam keterangan resminya, Rabu (11/8).

Dia menerangkan, penerapan 6M di perusahaan merujuk pada Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 tentang IOMKI pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Dalam aturan tersebut, terdapat kewajiban penerapan protokol kesehatan yang mencakup 6M: memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan, menjaga jarak, menjauhi dan mencegah terjadinya kerumunan, menghindari makan bersama, serta mengurangi pergerakan yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas pekerjaan.

Sedangkan 3T adalah pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kami mengamati bahwa physical distancing yang dilakukan di Toto juga maksimal. Sehingga sekalipun ada karyawan yang terpapar, penularannya bukan dari klaster perusahaan,” jelas Khayam.

Dia melanjutkan, perusahaan pemegang IOMKI wajib melaporkan aktivitasnya secara elektronik setiap Selasa dan Jumat melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional atau SIINas (siinas.kemenperin.go.id). Hal ini guna memastikan pelaksanaannya protokol kesehatan di lingkungan industri.

“Dengan mematuhi aturan-aturan tersebut, diharapkan pabrik bisa berjalan dengan utilisasi seperti biasa, bahkan dapat terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk industri pada saat pandemi,” kata Khayam.

Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia Tbk Hanafi Atmadiredja menyampaikan bahwa perusahaannya juga merasakan efek pandemi, namun mementingkan kesehatan karyawan dan berupaya sepenuhnya membantu pemerintah agar pandemi dapat cepat berakhir.

“Walaupun dalam beberapa bulan harus berkorban, kami telah memiliki pabrik baru untuk ekspor. Saat ini kami telah mengekspor hingga ke 33 negara,” kata dia.

Sementara itu, industri alas kaki PT Adis Dimension Footwear, salah satu perusahaan industri yang juga mengantongi IOMKI, telah melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan baik sehingga mendapatkan apresiasi yang baik dari Pemeritah Kabupaten Tangerang.

Perusahaan tersebut telah membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sejak bulan Februari 2020, terdiri dari 300 orang karyawan yang mewakili seluruh departemen.

“Hal ini merupakan komitmen bersama antara pihak manajemen dengan karyawan dalam rangka penanganan dan pencegahan covid-19 di perusahaan,” ujar Presiden Direktur PT Adis Dimension Footwear Margaret Vikta.

Vikta menyampaikan, pihaknya merasakan bahwa IOMKI merupakan bentuk dukungan nyata dari Kementerian Perindustrian bagi pelaku usaha industri dalam melaksakan kegiatan industri dengan tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. “IOMKI juga mendapatkan respons positif dari NIKE selaku buyers PT Adis Dimension Footwear,” jelas dia.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com