Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja

Kadin-INACA Jajaki Kerja Sama Impor PCR Murah dengan India

Minggu, 15 Agustus 2021 | 16:26 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bersama Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (INACA) tengah menjajaki kerja sama impor alat tes polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 dengan berbagai produsen di luar negeri, salah satunya di India.

Menurut Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmaja, upaya ini dilakukan untuk mendapatkan harga tes PCR yang lebih murah. Apalagi saat ini ada persyaratan tes PCR bagi penumpang untuk melakukan penerbangan.

“Kita sedang mencari beberapa produsen di luar negeri supaya bisa dapat harga tes PCR yang murah. Kita sudah coba kontak produsen di Mumbai, India. Mungkin minggu depan sudah ada informasi lebih lanjutnya karena kan kita perlu pelajari lebih lanjut juga,” kata Denon saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (15/8/2021).

Sepanjang yang diketahui Denon, alat tes PCR yang digunakan oleh produsen di Mumbai bisa jadi sama dengan yang saat ini digunakan di Indonesia. Hanya saja karena volume yang digunakan di India sangat besar, sehingga harga satuannya menjadi lebih murah.

“Itu berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari teman kita di Mumbai. Tapi perlu kita pelajari dulu, dan kalau memang alatnya dari negara lain ada yang lebih murah, kita akan impor dari sana,” kata Denon yang juga Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perhubungan. 

Bila nantinya Kadin dan Inaca sudah berhasil mengimpor alat stes PCR dengan harga yang lebih murah, pada tahap awal alat tersebut akan diperuntukkan untuk penumpang pesawat di bandara.

“Mengenai tarifnya, Presiden Jokowi baru saja menyampaikan usulan harganya sekitar Rp 450.000 sampai Rp 550.000. Saya kita kalau harganya segitu masih bisa terjangkau,” kata Denon.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com