Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto: IST

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto: IST

BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Capai 5%

Selasa, 21 September 2021 | 16:31 WIB
Tryan Pangastuti

JAKARTA, Investor.id- Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 tetap berada di zona positif, bahkan masih di level yang tinggi yakni 5% yoy.

“Pertumbuhan kuartal III-2021 kami perkirakan bisa berada di kisaran 5% yoy,” ujar Perry dalam Konferensi Pers RDG, Selasa (21/9).

Meski begitu, ia tak menampik bahwa pertumbuhan ekonomi awal kuartal III 2021 sempat tertahan akibat peningkatan kasus harian varian delta. Sehingga menyebabkan pemerintah melakukan rem darurat dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat serta Level 3 dan 4. 

Alhasil PPKM pun berimbas pada kegiatan ekonomi masyarakat yang tertahan dan menurunkan aktivitas transaksi ekonomi dan keuangan.  Tetapi PPKM dinilainya berhasil menurunkan kasus harian covid-19.

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya dengan langkah langkah yang dilakukan pemerintah. Alhamdulilah peningkatan kasus delta varian menurun dan bed occupancy rate di wilayah tidak hanya Jawa, Bali dan sejumlah wilayah luar Jawa juga cukup baik dan kecenderungan tingkat BOR terus menurun”tuturnya.

Ia mengatakan apabila pandemi covid-19 terkendali, maka ia meyakini kondisi ekonomi akan kembali pulih dan bangkit.

Dengan tren kasus Covdi-19 yang menurun, telah mendorong pemulihan kegiatan ekonomi pada minggu ketiga Agustus dan keseluruhan Agustus . Hal ini tercermin dari indikator peningkatan kinerja ekspor, peningkatan kinerja manufactur, penjualan eceran.

“Serta transaksi pembayaran melalui SKNBI dan RTGS, yang kembali meningkat  pada pekan ketiga dan keempat di bulan Agustus dan (berlanjut di September)”tuturnya.

Untuk kedepan, perbaikan ekonomi diperkirakan terus berlanjut sejalan dengan akselerasi vaksinasi, kinerja ekspor yang tetap kuat, pembukaan sektor-sektor prioritas yang semakin luas, dan stimulus kebijakan yang berlanjut. 

Dengan demikian, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2021 di kisaran 4,5% dan dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2021 berada di kisaran 3,5% hingga 4,5%. 

“Kemudian di kuartal IV sebesar 4,5 persen dan ini tentu harus dipertimbangkan perkembangan-perkembangan makanya secara keseluruhan kami perkirakan pertumbuhan ekonomi  tahun ini dapat mencapai 3,5-4,5 persen,” tegasnya.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN