Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
OttoPay, aplikasi dagang  berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir

OttoPay, aplikasi dagang berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir

OttoPay Hadirkan Solusi Efisien UMKM Siap Digital

Kamis, 23 September 2021 | 19:55 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – OttoPay, aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir untuk memaksimalkan UMKM digital, terutama dari sisi pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang.

Melalui kedua layanan ini, OttoPay berhasil mencatat total transaksi QRIS hingga 60% dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi.

Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur Muhammad Alfi Nurcahyo mengatakan hasil riset Alpha JWC Ventures dan Kearney berjudul ‘Unlocking Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia’ menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, penggunaan layanan digital di kota kedua dan ketiga akan mendongkrak sektor UMKM salah satunya melalui pembayaran digital, sehingga nantinya akan berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi digital dari UMKM.

“Sebagai penyedia layanan transaksi digital bagi UMKM, OttoPay optimistis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM,” ungkapnya di sela virtual konferensi pers, Kamis (23/9).

OttoPay, aplikasi dagang  berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir
OttoPay, aplikasi dagang berupaya mendukung laju UMKM secara menyeluruh dari ruang lingkup terkecil dengan menghadirkan layanan OttoKasir dan OttoGrosir

Menurut Alfi, kontribusi industri teknologi finansial kepada UMKM akan terus memunculkan harapan baru, pihaknya berupaya memaksimalkan kesiapan digitalisasi UMKM dengan menghadirkan OttoKasir untuk mempermudah pencatatan transaksi digital serta pengelolaan stok barang mitra dan OttoGrosir yang akan memperkuat dan melengkapi penyediaan barang bagi mitra.

Dari hasil implementasi kerjasama bisnis keseluruhan yang sudah berjalan, pihaknya bermitra dengan ratusan ribu UMKM yang sudah mengoptimalkan layanan OttoPay, di antaranya melalui layanan OttoKasir dan OttoGrosir.

“Selama periode Oktober 2020 – Agustus 2021, 60% transaksi yang tercatat dalam aplikasi OttoKasir berasal dari QRIS, serta mitra-mitra yang sudah menggunakan OttoKasir lebih terbantu dalam operasional usaha, sehingga dari segi pencatatan transaksi digital dan operasional, persentase tersebut memantapkan posisi OttoPay dalam mendukung persiapan UMKM untuk go digital,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut dia, OttoPay memahami bahwa penyediaan barang yang efisien berperan penting dalam digitalisasi UMKM, terutama dalam hal kemudahan akses distribusi ke warung dan toko-toko kelontong. Maka OttoPay menghadirkan OttoGrosir yang ada di kantor cabang OttoPay yang mewadahi kebutuhan setiap mitra melalui penyediaan barang-barang sembako atau bahan baku. Hingga saat ini, kantor cabang OttoGrosir telah melayani sekitar 2000 mitra OttoPay di 12 wilayah, yaitu Jakarta, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, dan Palembang.

“Untuk ke depannya, OttoGrosir juga berencana memperluas jangkauan ke daerah lainnya dan menjalin kerja sama dengan para pemasok utama barang yang dibutuhkan oleh mitra-mitra OttoPay,” tutup dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN