Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran platform Tokko. (ist)

Peluncuran platform Tokko. (ist)

TAK SEKADAR JUALAN ONLINE

Tokko Bantu UMKM Bangun Merek 

Senin, 27 September 2021 | 11:23 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Lorenzo Peracchione, founder & CEO Tokko, mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengambil kesempatan dalam mengembangkan bisnis di platform digital. Mereka dapat mengunduh aplikasi Tokko di Google Play Store, yang membantu UMKM membangun merek sendiri, tak sekadar berjualan online.

“Tokko adalah platform yang bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online. Tokko membuka akses ke konsumen, sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat. Tokko akan mendukung penguna, karena kami percaya, bisnis Anda, brand Anda, dan pelanggan Anda, adalah kunci kesuksesan,” ujar Lorenzo dalam acara peluncuran Tokko secara virtual dari Bandung, Jawa Barat (Jabar), belum lama ini. 

Hadir dalam acara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Bobby Silalahi, VP Community Tokko, menyampaikan, sembilan dari 10 UMKM yang masih aktif mengakui, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan memengaruhi pendapatan secara signifikan. “Tetapi, di balik semua ini, kami melihat ada secercah harapan. Menurut riset Google akhir 2020, sektor ekonomi digital Indonesia tumbuh, sebesar 11% dibanding 2019. Riset ini juga menunjukkan dalam tiga tahun ke depan, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mencapai tga kali lipat. Inilah kenapa go digital adalah jalan yang tepat,” ungkap dia.

Problematikanya, dia menuturkan, saat masuk ke platform e-commerce, pedagang berhenti pada aktivitas menaruh foto produk barang. Hal ini tentu tidak cukup untuk membangun bisnis jangka panjang yang berbasis pelanggan.

“Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah,” tutur Bobby memberikan gambaran situasi pedagang online yang terjebak pada siklus perang harga yang tidak berujung.

Kebanyakan pelaku UMKM, kata dia, kini menjemput bola dengan menjual langsung ke pelanggan melalui aplikasi messenger atau media sosial. Tetapi, ini merepotkan, karena semua operasional dilakukan secara manual dari mencatat pesanan sampai memeriksa transaksi pembayaran.

VP Business Development Tokko Arlan Andhika menyampaikan, merek yang sudah besar, seperti Adidas, maupun merek legendaris Bandung memiliki laman resmi sendiri untuk bisa mengendalikan bisnis dan konsumen. Tidak hanya merek besar dan legendaris, yang baru seperti D.F.o Bandung milik Dendy Darman Founder unkl347 mempercayakan flagship store mereka di aplikasi Tokko,” terang dia.

Melalui aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat laman resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan ponsel pintar. Salah satu keunggulan dari memiliki laman resmi sendiri adalah identitas merek pelaku UMKM akan tetap terjaga. Ini jelas berbeda dengan berjualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan merek.

“Lalu yang paling penting, setelah memiliki laman resmi, kami akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko, ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia,” terang Radix Juniardi Hidayat, lead product manager Tokko.

Selain itu, dia melanjutkan, Tokko sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh mitra logistik. Fitur terbaru dari Tokko yang tidak didapatkan di platform lainnya adalah para pelaku bisa mengelola iklan online yang sudah terintegrasi dalam platform Tokko, seperti iklan Facebook, Instagram, dan Google untuk menjangkau pelanggan baru.

Selain itu, dia menuyatakan, Tokko bekerja sama dengan Kaya ID untuk memajukan UMKM melalui bimbingan dan pelatihan merek yang kuat.

Nita Kartika Sari, CEO Kaya ID menegaskan, memiliki toko online resmi adalah kunci menuju kesuksesan, “Karena dengan menggunakan fitur di dalam Tokko, kita bisa tahu konsumen sukanya apa saja, produk yang paling disukai apa saja, semua data konsumen kita ketahui. Selain biaya platform yang dikenakan di Tokko memang tidak semahal e-commerce atau marketplace lainnya,” jelas dia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN