Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Sumber: BSTV

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Sumber: BSTV

Expo Dubai Bisa Perluas Perdagangan Indonesia ke Kawasan Teluk

Senin, 4 Oktober 2021 | 09:11 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id – Upaya pemerintah membuka pasar baru produk lokal lewat penetrasi pasar di Dubai, Uni Emirat Arab dinilai sebagai langkah yang tepat. Selain sebagai pasar baru, Dubai juga dianggap sebagai lokasi yang strategis dan potensial untuk memperluas pasar ekspor Indonesia di kawasan teluk. Keikutsertaan Indonesia dalam Expo 2020 di Dubai adalah langkah strategis dan tepat untuk perluasan pasar ekspor.

Pengamat Ekonomi Bima Yudhistira mengatakan, Expo Indonesia Dubai yang dibuka Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bisa menarik investasi baru baik bidang pariwisata, ekspor dan impor.

Belajar dari pengalaman expo sebelumnya di banyak negara yang diikuti oleh Indonesia, baik inisiasi dari pemerintah maupun dunia usaha, dan yang paling penting adalah adanya daya saing yang ditonjolkan secara spesifik, dan expo ini bisa menyasar target investor yang memang tertarik di bidang usaha tertentu.

Follow up atau tindak lanjut menjadi salah satu hal yang sangat penting pasca expo, lalu penawaran dilakukan secara spesifik, dan ada potensi kerja sama antar kedua negara bidang ekspor impor,” ujar dia dalam keterangan persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Senin (4/10).

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Fithra Faisal mengatakan, negara yang masuk kategori non tradisional, belum mempunyai perdagangan dengan Indonesia secara intensif karena belum digarap.

Ada potensi tersimpan pada negara tersebut. Selain menjadi tujuan pasar bagi produk Indonesia, posisi Uni Emirat Arab yang strategis bisa menjadi hub perdagangan dengan negara lain di kawasan tersebut. Potensi dagang akan lebih tinggi jika perdagangan atas negara negara tersebut diikat kerja sama yang lebih institusional.

Wakil Ketua Komite Tetap Timur Tengah dan OKI Kadin Indonesia Mohamad Bawazeer memperkirakan realisasi IUAE-CEPA akan sangat positif. Perjanjian tersebut akan menjadi titik balik hubungan perdaganan Indonesia dan Timur Tengah.

Editor : Retno Ayuningtyas (retno.ayuningtyas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN