Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Head of Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto

Head of Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto

Sektor Pariwisata di Indonesia Mulai Bangkit

Selasa, 5 Oktober 2021 | 10:23 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id-Konsultan property, Colliers International Indonesia memperkirakan bahwa dalam sisa akhir tahun 2021 sektor pariwisata akan terus membaik, apalagi rencana dibukanya kembali wisatawan mancanegara ke Indonesia. Hal ini menjadi peluang untuk investasi baru sektor pariwisata.

Head of Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto mengatakan, selama pandemi industri pariwisata di Indonesia hanya berada pada kondisi “sleep”. Namun, para stakeholder industri ini tetap melakukan persiapan untuk menghadapi new normal.

Sejak akhir tahun 2020,  kondisi industri pariwisata mengalami peningkatan karena pemerintah telah membuka akses untuk bepergian, walaupun hanya untuk pasar domestik. Namun disayangkan, industri pariwisata harus kembali pada kondisi “sleep” setelah Q1 2021 mengingat peningkatan kasus positif covid-19 yang  terjadi pada Q2.

“Berdasarkan beberapa indikator, terlihat bahwa akhir  tahun 2021 dapat menjadi periode yang  lebih baik dikarenakan adanya pertumbuhan pada industri pariwisata,” kata Ferry Salanto, dalam keterangan pers, Selasa (5/10/2021).

Ferry mencontohkan, tingkat okupansi regional di Bali mengalami peningkatan hingga mencapai 20%. Selain  itu, terdapat peningkatan yang  cukup tinggi pada jumlah penerima vaksin lengkap. Hal tersebut memberikan dorongan bagi  pasar domestik untuk mulai kembali berpariwisata. Namun, kondisi pasar tidak akan langsung meningkat signi´Čükan mengingat masih adanya peluang peningkatan kasus positif Covid.

Menurut Ferry, kota-kota yang masih menjadi tujuan utama wisatawan datang ke Indonesia adalah Bali. Wilayah ini akan mengalami peningkatan terlebih dahulu, diikuti dengan tujuan wisata lainnya seperti Jawa Tengah atau Daerah Istimewa Yogyakarta dan Labuan Bajo.

“Pasar menengah akan mulai didominasi oleh wisatawan lokal, karena mereka mendapatkan peluang terbaik untuk menikmati tujuan wisata yang  sebelumnya tidak  tercapai atau tidak  terpikirkan untuk dikunjungi,” katanya.

Sedangkan, lanjut Ferry,  industri yang  akan terdampak langsung adalah akomodasi, yang  juga akan memberikan dampak pada sektor Food & Beverage, karena kedua industri tersebut masuk dalam kategori kebutuhan pokok.

“Akomodasi bintang 4 dan 5 serta konsep “boutique” akan diminati pasar yang baru. Selain karena terjangkau, kebutuhan terhadap rasa aman dan sehat, akan menjadi perhatian konsumen di masa depan,” katanya.

Editor : Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN