Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (2/7). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (2/7). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Kurang Dilirik, Kemenhub Ajak Pengusaha Gali Potensi Angkutan Sungai dan Danau

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:06 WIB
Thresa Desfika

JAKARTA,Investor.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak Gabungan Pengusaha Nasional Sungai, Danau, Penyeberangan (Gapasdap) untuk mengembangkan juga angkutan sungai dan danau.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, selama ini bidang transportasi sungai, danau, dan penyeberangan lebih fokus pada pengembangan penyeberangannya saja. Sedangkan, transportasi sungai dan danau kurang dilirik, padahal angkutan transportasi sungai dan danau juga berperan penting dalam distribusi logistik, khususnya di wilayah yang mengandalkan sungai sebagai jalur transportasi.

“Jangan kita melihat di penyeberangan saja, tapi juga melihat potensi dan peluang yang ada di sungai dan danau,” kata Budi dalam keterangan resmi, Jumat (22/10).

Menurut dia, hal ini sejalan dengan arahan menteri perhubungan yang minta untuk memperbaiki dan membuat pilot project lintasan transportasi sungai di Palembang, Kalimantan Tengah untuk mendukung food estate, dan di Asmat (Papua).

Khusus untuk Papua, Budi Setiyadi mengungkapkan bahwa transportasi sungai di wilayah Papua merupakan bagian dari konsep Tol Laut. Dengan tranportasi sungai, logistik yang diangkut oleh kapal laut dapat diteruskan ke wilayah-wilayah pedalaman yang dilalui oleh sungai sehingga disparitas harga barang-barang bisa ditekan.

Budi juga mengatakan bahwa peluang dan potensi angkutan sungai dan danau masih sangat terbuka.

“Saya mengajak asosiasi untuk bersama melakukan survei terhadap potensi yang ada sehingga nantinya akan muncul ide dan gagasan baru terkait angkutan sungai dan danau,” kata dia.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN