Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata Goa Gajah di Bantul, Yogyakarta. Foto: Investor Daily/IST

Wisata Goa Gajah di Bantul, Yogyakarta. Foto: Investor Daily/IST

Ada Cahaya Surga di Goa Gajah Bantul

Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:46 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA memang memikat. Seabrek destinasi wisata siap memajakan para turis yang melancong ke provinsi tersebut.

Pesona wisata menyebar di seantero Yogyakarta. Wujudnya, mulai keindahan pantai selatan, candi Prambanan, Malioboro, seni budaya, hingga goa yang indah dan eksotik.

Tak heran bila banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang menjatuhkan pilihan untuk liburan, traveling atau berwisata ke Yogyakarta.

Saat ini, salah satu tempat destinasi wisata yang ramai dan digandrungi wisatawan adalah Goa Gajah Bantul. Goa Gajah Bantul merupakan salah satu dari puluhan goa yang terdapat di Yogyakarta yang memiliki daya tarik wisata unik. Goa di Yogyakarta yang terkenal menjadi tempat wisata favorit lain diantaranya adalah Goa Pindul, Goa Jomblang, dan Goa Gelatik.

Keberadaan obyek wisata goa ini kebanyakan berada di hutan-hutan yang rimbun atau di tengah tempat tinggal warga di pedalaman. Namun tidak perlu khawatir, semua bisa diakses dengan mudah oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Bagi yang belum pernah mengunjungi objek wisata goa, perlu diinformasikan bahwa hal yang menarik adalah bentuk di luar maupun di dalam goa.

Biasanya langit-langit goa memilik stalaktit dan stalakmit yang memiliki bentuk yang unik dan indah. Lorong goa bisa berupa jalan setapak yang normal, bisa berupa jalan sempit bahkan bisa juga sungai seperti yang terdapat di Goa Pindul.

Seperti ditulis dalam laman https:// antarejatour.com, Goa Gajah Bantul memiliki beberapa keunikan tersendiri. Selain keunikan goa pada biasanya yaitu keberadaan stalaktit dan stalakmit pada langit-langitnya, lorongnya yang panjang dan relative sempit, serta kondisi yang teduh dan sejuk terdapat keunikan lainnya yang menjadi ciri khasnya.

Salah satunya adalah keberadaan batu yang berbentuk mirip seperti gajah. Ciri khas batu berbentuk gajah ini menjadikan sebutan yang akrab sehingga akhirnya menjadi nama objek wisata ini, yaitu Goa Gajah. Namun ternyata ciri khasnya bukan hanyabatu berbentuk gajah. Terdapat bagian- bagian yang juga menjadi pesona Goa Gajah Mangunan, salah satunya adalah “cahaya surga”.

Disebut “cahaya surga” karena cahaya matahari yang masuk melalui celah langit goa seakan cahaya menerangi dari langit. Cahaya matahari ini pun terlihat dengan bentuk tertentu karena melewati celah yang ada sehingga menjadi pemandangan yang sangat indah.

Keunikan lainnya adalah keberadaan pohon tinggi besar yang menjulang hingga menembus langit-langit goa. Dengan jarak dari pintu masuk hingga keluar goa sepanjang 200 meter, mulut Goa Gajah cukup lebar, namun lorongnya agak sempit pada beberapa bagian.

Wisata Goa Gajah di Bantul, Yogyakarta. Foto: Investor Daily/IST
Wisata Goa Gajah di Bantul, Yogyakarta. Foto: Investor Daily/IST

Lokasi dan Rute

Goa Gajah Bantul berada di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, sekitar 21 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kondisi rute untuk menuju ke goa naik dan turun serta terdapat bagian yang tidak beraspal dan hanya merupakan bebatuan. Tetapi untuk sampai di sekitar lokasi objek wisata, kondisi rute masih relative bagus  Dari Kota Yogyakarta, disarankan untuk menuju kearah selatan yaitu Jalan Imogiri Timur.

Kemudian terus berjalan ke arah Dlingo hingga berada di sekitaran Mangunan. Dari Mangunan tepatnya obyek wisata hutan pinus mangunan, Goa Gajah masih berada di selatannya. Ikuti penanda obyek wisata Goa Gajah yang berada di sekitaran jalan atau bertanya kepada penduduk setempat.

Fasilitas

Karena berada di daerah yang terdapat banyak obyek wisata alam di sekitarnya, Goa Gajah Mangunan terbilang memiliki fasilitas yang cukup untuk para pengunjung. Fasilitas yang terdapat di sekitar obyek wisata antara lain, tempa penyewaan handy  ashlight (senter), toilet, penjual makanan, dan area parkir

Meskipun berada di sekitar banyak lokasi wisata seperti kebun buah Mangunan, Jurang Tembelan dan Hutan Pinus, namun Goa Gajah Bantul tidak mengutip biaya tiket masuk. Sehingga objek wisata Goa Gajah Imogiri ini bisa menjadi alternatif wisata hemat. Namun tetap diperlukan biaya parkir kendaraan yaitu berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Bagi yang membutuhkan  ashlight, tidak perlu membawa sendiri karena terdapat persewaan dengan biaya sebesar Rp 5.000.

Selain aktivitas susur goa, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan wisatawan tentu saja adalah berswafoto. Banyak spot-spot yang unik yang bisa diabadikan di lokasi obyek wisata ini. Pada spot yang gelap, diperlukan cahaya untuk hasil jepretan yang bagus.  

Baca juga https://investor.id/business/268238/alternatif-penginapan-di-bantul

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN