Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja di pabrik peralatan elektronik rumah tangga PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), di Cileungsi, Jawa Barat. Foto: beritasatu photo

Pekerja di pabrik peralatan elektronik rumah tangga PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), di Cileungsi, Jawa Barat. Foto: beritasatu photo

SCNP Gencar Ekspor Saat Pandemi

Senin, 1 November 2021 | 17:45 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Dalam kondisi pandemi yang masih menjadi ancaman sepanjang 2021, PT SCNP Tbk tetap melakukan ekspor sebesar 339 kontainer ke negara USA (sejumlah 300,492 unit vacuum cleaner).

Ada dua jenis model vacuum cleaner yang diekspor oleh SCNP saat ini ke pasar USA yaitu model Clean View Swivel Rewind Pet dan model Power Force Helix. SCNP menargetkan produksi dan ekspor vacuum cleaner Bissel ke negara USA sebanyak 100 kontainer setiap bulannya. Realisasi hingga minggu ke-IV untuk bulan Oktober 2021 telah mencapai 98 kontainer dengan total kuantitas sebesar 79,944 unit. Shortage kontainer dalam pelayaran laut menjadi isu sentral dan global saat ini dalam ranah supply chain.

Kondisi tersebut disebabkan oleh pandemi yang berlangsung dalam dua tahun terakhir, dimana banyak negara memberlakukan kebijakan lockdown sehingga terjadi penurunan total kargo muatan kapal kontainer. Selain itu juga terjadi juga di beberapa titik pelabuhan laut internasional seperti di Singapura, Inggris, China dan Amerika. Kongesti ini menyebabkan delay keberangkatan kapal-kapal serta seringnya terjadi perubahan jadwal pelayaran kapal.

Problema ini membutuhkan solusi dan kerja sama industri pelayaran dengan Pemerintah, yang diharapkan mampu untuk menarik atau membawa kontainer yang posisinya masih berada di mancanegara masuk ke Indonesia. Selain itu operator pelayaran kontainer juga banyak yang menerapkan kebijakan pengurangan intensitas aktivitas bisnis pelayaran serta pengurangan jumlah tenaga operasional dalam rangka efisiensi. Hal ini menyebabkan naiknya freight cost jasa pelayaran internasional.

Agar ekspor dapat meningkat, dibutuhkan jumlah kontainer yang mencukupi agar para eksportir dapat lebih produktif dan berkontribusi lebih besar lagi terhadap devisa negara. Jika persoalan shortage kontainer dapat segera teratasi, maka para pengusaha dan eksportir nasional tentunya akan meningkatkan jumlah tenaga kerja (operator) domestik dalam rangka memenuhi tuntutan volume untuk kebutuhan ekspor tersebut. Semasa pandemi, SCNP tetap gencar melakukan kegiatan produksi dan menambah jumlah tenaga operator produksinya di tingkat anak perusahaan yaitu PT SDI.

Saat ini perseroan memperkerjakan sejumlah 759 orang tenaga operator khusus di SDI dalam rangka memenuhi tuntutan volume ekspor vacuum cleaner Bissel ke negara tujuan USA. Jumlah serapan tenaga kerja domestik untuk operator produksi tersebut tentunya bisa lebih besar lagi apabila nilai ekspor dapat ditingkatkan.

Proyeksi market size produk vacuum cleaner untuk tahun 2021 dalam pasar USA dan Canada adalah senilai US$ 4.6 miliar (Rp 64 Triliun). Pertumbuhan permintaan vacuum cleaner diprediksi sebesar 7% per tahun hingga 2026 untuk pasar USA dan Canada. Manajemen SCNP tetap optimis pertumbuhan ekspor vacuum cleaner akan terus meningkat ke depannya.

Sebelumnya dalam event Trade Expo Indonesia Digital Edition bulan Oktober 2021, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa potensi ekspor Indonesia akan terealisasi dan bertumbuh pesat seiring dengan pemulihan ekonomi di negara-negara mitra dagang dan kondisi pandemi yang semakin terkendali.

Ekspor Indonesia tahun 2021 mencapai nilai sebesar US$ 142 miliar (tumbuh 37.8%) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy). Peluang pertumbuhan ekspor yang potensiil berasal dari negara mitra dagang seperti China, USA, Jepang dan India. Presiden menyatakan bahwa peluang ini harus segera dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya.

PT SCNP Tbk turut berperan aktif dalam mendorong upaya peningkatan ekspor. Sejak tahun 2019 SCNP terus memproduksi vacuum cleaner untuk keperluan ekspor. Vacuum Cleaner buatan SCNP melalui perusahaan anak PT Selaras Donlim Indonesia (SDI) bermerek Bissel diekspor ke negara tujuan USA.

Berdasarkan review dari pemeringkat produk skala global RTINGS.com rilis September 2021 untuk kategori produk vacuum cleaner, Bissel masuk dalam jajaran produk terbaik di seluruh dunia. Forbes juga menilai Bissel sebagai Best Vacuum Cleaner for Pet Hair.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN