Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jogging track di pabrik Gunung Raja Paksi, Bekasi, Jawa Barat. (ist)

Jogging track di pabrik Gunung Raja Paksi, Bekasi, Jawa Barat. (ist)

Pertama di Asia, Produsen Baja GRP Beli Kredit Karbon

Rabu, 3 November 2021 | 14:34 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP/GGRP) menjadi pabrik baja pertama di Indonesia dan salah satu yang pertama di Asia, yang membeli kredit karbon. Pembelian melalui Gunung Capital tersebut dilakukan dengan pembelian carbon offset dari Climate Impact X (CIX), pasar pertukaran kredit karbon global sekaligus pemimpin lelang.

Menurut Presiden Direktur GRP Abednedju Giovano Warani Sangkaeng, keterlibatan GRP dalam pembelian kredit karbon melalui lelang tersebut merupakan bukti perusahaan sangat serius menangani perubahan iklim dan environmental, social, and governance (ESG). GRP berkomitmen menjadi pabrik baja pertama di Indonesia dan salah satu yang pertama di Asia yang menggunakan penyeimbangan karbon sebagai strategi utama bisnis.

“Pembelian sebanyak 10 ribu ton dengan harga US$ 8 per ton. Kegiatan ini juga melengkapi strategi dan upaya GRP dalam dekabornisasi,” kata Argo, panggilan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Secara keseluruhan, jelas Argo, lelang tersebut berhasil membersihkan 170 ribu kredit karbon dari delapan proyek Natural Climate Solutions (NCS). Setiap proyek NCS meliputi kegiatan reboisasi dan pencegahan deforestasi di seluruh Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

“Proyek-proyek tersebut menunjukkan kinerja penyerapan karbon yang tinggi dan manfaat tambahan yang lebih luas, seperti mendukung keanekaragaman hayati, pembangunan sosial, serta pembangunan ekonomi di tingkat lokal. Kegiatan lelang ini merupakan yang pertama di pasar karbon dalam skala global,” jelas dia.

Presiden Komisaris GRP Tony Taniwan mengatakan, pembelian kredit karbon tersebut merupakan tonggak penting dan komitmen perusahaan untuk mendorong adopsi teknologi dekarbonisasi dan inovasi di sektor baja. “Pada akhirnya, perusahaan akan menyalurkan lebih banyak modal untuk kegiatan perusahaan yang berkelanjutan,” ungkap Tony.

CEO Gunung Capital Kimin Tanoto meyakini, dengan membeli karbon berkualitas tinggi, perusahaan akan menjadi pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dan melindungi alam. “Kami menunjukkan sikap yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain. Fokus kami, menjalankan kegiatan produksi baja yang dapat melindungi lingkungan dengan lebih baik lagi,” tegas Kimin.

Kelvin Fu, managing partner Gunung Capital senang dapat mendukung lelang kredit karbon. Pembelian pertama tersebut berperan sangat penting dalam mengatasi perubahan iklim global. “Ini juga sejalan dengan agenda dekarbonisasi GRP. Kami menantikan kebijakan pemerintah Indonesia dan internasional dalam memprioritaskan agenda dekarbonisasi,” tegasnya.

Menyikapi antusiasme berbagai perusahaan yang ikut lelang pertama tersebut, termasuk GRP, CEO Interim CIX dan Chief Sustainability Officer DBS Mikkel Larsen memberikan apresiasi. “Kami berterima kasih melihat kepercayaan dari pembeli dan penjual akan kredit karbon berkualitas tinggi, serta antusiasme tinggi untuk mengatasi perubahan iklim secara alami,” kata dia.

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN