Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pantai Tanjung Aan, Lombok. Foto: Investor Daily/IST

Pantai Tanjung Aan, Lombok. Foto: Investor Daily/IST

Pantai Tanjung Aan, Kepingan Surga di Lombok

Minggu, 28 November 2021 | 10:52 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

Kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi sorotan nasional bahkan mancanegara. Pasalnya, di kawasan ini telah hadir lintasan sirkuit bertaraf internasional yang masuk dalam kalender World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Selain sirkuit, di Mandalika bisa dijumpai destinasi wisata pantai yang indah dan cantik, salah satunya Pantai Tanjung Aan.

Setelah Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Internasional Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 12 November lalu, kawasan Mandalika mulai ramai dikunjungi investor maupun wisatawan.

Sirkuit Mandalika berada di wilayah pesisir, bahkan terkenal dengan tempat wisata pantai, membuat kawasan Lombok menjadi pilihan wisata terbaik dunia. Lombok memiliki sejuta pesona keindahan alam lainnya, yang membuat wisatawan dan pengunjung merasa berdecak kagum atas keindahan dan pesona alam nan indah.

Tak heran, bila Lombok menjadi pilihan utama sebagai tempat wisata terbaik setelah Bali, karena berbagai pesona alam, budaya dan masyarakatnya yang egaliter. Pemerintah menetapkan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang masuk dalam salah satu destinasi super prioritas. Salah satu destinasi wisata terbaik yang berada di kawasan Mandalika adalah Pantai Tanjung Aan.

Pantai ini memiliki keindahan dan kecantikan yang berbeda dari tempat wisata lainnya di Nusantara. Bahkan wisatawan sering menyebutnya sebagai serpihan atau kepingan surga. Karena keindahan pantai Tanjung Aan yang cantik dan masih terlihat alami, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini sangat terkenal sebagai objek wisata yang menghadirkan nuansa pantai yang indah dan eksotis.

Tanjung Aan menjadi salah satu primadona yang banyak dikagumi wisatawan. Seperti dikutip dari https://www.lomboktourplus. com, konon pantai ini merupakan tempat asal Putri Mandalika. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Tanjung Aan ini memiliki garis pantai dengan panjang 2 kilometer.

Karakteristik airnya yang cenderung dangkal memang cocok untuk dijadikan surganya berenang dan snorkeling. Di samping itu, arus ombaknya juga cukup tenang sehingga pantai ini sangat bisa untuk destinasi wisata keluarga. Tanjung Aan memiliki pantai yang sangat indah.

Pantai Tanjung Aan, Lombok. Foto: Investor Daily/IST
Pantai Tanjung Aan, Lombok. Foto: Investor Daily/IST

Selain menikmati langsung di area pantainya,wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian yaitu dari bukitbukit yang ada di sekeliling pantai ini. Pemandangan pantai dengan hamparan pasirnya akan terlihat sangat jelas dari atas bukit. Hal ini akan menambah kekaguman terhadap pantai yang satu ini.

Tidak berhenti sampai di situ. Di sekitar pantai ini telah disediakan payung kayu dengan rajutan jerami yang bisa dipakai untuk sekadar berjemur atau menikmati panorama sekitar pantai. Sambil berbaring santai di pasir dan menikmati segarnya kelapa muda, serta melihat keindahan lautan luas yang berwarna biru merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan.

Apalagi tempatnya yang luas membuat suasana lebih tenang, sambil meresapi semua keindahan yang ada tanpa ada gangguan apapun dan bisa menghilangkan penat dalam diri dengan semangat terbarukan.

Pantai Tanjung Aan juga sangat cocok untuk beberapa kegiatan bahari lainnya seperti berenang. Dengan intensitas ombak yang cenderung tenang serta airnya yang dangkal, maka pantai ini cocok untuk dijadikan tempat berenang keluarga maupun juga anak-anak bisa dengan aman bermain disini tanpa takut akan terbawa arus.

Keunikan lain dari pasir putih yang dimiliki Tanjung Aan adalah bentuknya seperti butiran merica. Sehingga bila wisatawan berjalan kaki di pasir putihnya, tanpa alas kaki akan merasakan efek seperti menginjak butiran merica. Bentuk butiran pasir yang seperti ini konon berasal dari butiran fosil-fosil karang yang telah lama hancur. Warga sekitar meyakini bahwa pasir di pantai Aan ini memiliki khasiat untuk kesehatan.

Konon, bila wisatawan berjalan kaki di pasirnya bisa membantu menjaga kesehatan dan serta melancarkan peredaran darah. Karena butiran merica tersebut dapat merangsang saraf-saraf di balik kulit kaki, sehingga dapat membuatmu menjadi lebih sehat.

Selain itu, butiran pasirnya dapat digunakan sebagai sarana bermain untuk anak anak mengembangkan imajinasi yang dimilikinya. Wisatawan yang berkunjung, selain menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok yang masih alami. Wisatawan bisa mendapat kesempatan untuk menyaksikan secara langsung event special yaitu Ritual Bau Nyale, terutama pada bulan Februari.

Pilihan mengniap saat berwisata ke Lombok. Foto: Investor Daily/IST
Pilihan mengniap saat berwisata ke Lombok. Foto: Investor Daily/IST

Ritual ini berdasarkan kisah Putri Mandalika yang konon dulunya melompat dari atas bukit untuk menghindari suntingan pangeran. Kemudian, Putri Mandalika bereinkarnasi menjadi cacing laut atau ‘Nyale’. Perburuan ‘Nyale’ ini menjadi ritual yang rutin dilakukan masyarakat setempat. Cacing laut yang diperoleh kemudian diolah menjadi beberapa jenis masakan lokal.

Tanjung Aan terletak di Desa Lombok, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini tentunya pagi dan sore hari dimana matahari tidak dalam kondisi menyengat. Kondisi air dan ombak di pantai ini cenderung tenang karena dikelilingi oleh tanjung.

Di samping itu, suasana di Pantai Tanjung Aan Lombok cenderung lebih tenang dan sepi. Sehingga ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi Anda yang kurang suka akan tempat yang terlalu riuh atau ramai. Pantai Tanjung Aan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau sahabat tercinta, karena akan terasa seperti berada di pantai pribadi.

Dengan suasana yang nyaman dan tenang, Tanjung Aan adalah pilihan terbaik. Perbukitan mengelilingi sekitar Tanjung Aan dan membuat panoramanya terlihat semakin menarik dan indah. Inilah yang menjadi daya tarik lainnya dari Tanjung Aan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN