Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu perumahan bagi masyarakat

Salah satu perumahan bagi masyarakat

Ketersediaan Lahan Kunci Keberhasilan Program Sejuta Rumah

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:11 WIB
Imam Muzakir

JAKARTA, investor.id – Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk menyediakan dan memanfaatkan lahan milik daerah untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pasalnya, unci sukses untuk mendorong program sejuta rumah adalah ketersediaan lahan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera V, A Darwis menyampaikan hal itu dalam kegiatan focus group Discussion (FGD) Penyelenggaraan Fasilitasi Penyediaan Lahan Perumahan Wilayah Sumatera yang dilaksanakan oleh Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Darwis mengatakan, pembangunan perumahan untuk masyarakat dapat terlaksana dengan baik apabila pemerintah daerah mampu mengoptimalkan pemanfaatan lahan milik daerah untuk  membangun rumah rakyat. Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan baik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah bisa melakukan inventarisasi serta mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada untuk program pembangunan infrastruktur dan perumahan.

“Penyediaan lahan perumahan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan guna mendorong capaian Program Sejuta Rumah untuk masyarakat,” ujar Darwis dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/12/2021).

Pemerintah, kata Darwis, terus mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah guna menyediakan hunian layak huni bagi masyarakat. Hal itu diperlukan guna mengejar angka kekurangan kebutuhan (backlog) perumahan di Indonesia yang masih cukup besar.

Tanah menjadi aspek spasial yang sangat berperan dalam proses pembangunan rumah. Pemda pun diharapkan memiliki strategi dalam penyelenggaraan penyediaan tanah bagi perumahan sekaligus mendukung capaian Program Sejuta Rumah.

“Pemda dapat menyusun strategi program perumahan melalui Kemitraan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jadi lahan yang ada bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Dalam Undang Undang Dasar 1945 pasal 28 huruf h telah mengamanatkan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman ditegaskan bahwa rumah adalah kebutuhan dasar manusia dalam rangka peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN