Menu
Sign in
@ Contact
Search
HKI Raih Penghargaan Inovasi Teknologi

HKI Raih Penghargaan Inovasi Teknologi

HKI Raih Penghargaan Inovasi Teknologi dari Kementerian PUPR

Rabu, 22 Des 2021 | 09:24 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) meraih penghargaan sebagai pemenang II dalam Lomba Inovasi Teknologi Pembangunan Jalan dan Jembatan melalui video yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR dalam rangka Hari Jalan 2021.

Penghargaan ini diberikan pada perayaan acara Hari Jalan 2021 di Gedung Auditorium Kementerian PUPR awala pekan ini. Adapun karya yang dilombakan adalah penggunaan Building Information Modelling (BIM) oleh Tim Proyek Pekanbaru-Bangkinang sebagai teknologi untuk merencanakan dan membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi Pekanbaru-Bangkinang. Penghargaan ini diterima langsung oleh Project Manager Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang Eka Darma Mizpa Satriades.

Melalui video yang berdurasi 4 menit 30 detik, Tim Proyek Pekanbaru-Bangkinang menjelaskan bagaimana BIM dapat membantu tim di lapangan untuk merencanakan dan membangun jalan tol. Dengan mengandalkan teknologi, proses perencanaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih presisi, sehingga memudahkan proses pembangunan. Risiko-risiko saat pembangunan pun dapat dimitigasi dengan menggunakan BIM.

Project Manager Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang Eka Darma Mizpa Satriades mengatakan di saat pandemi Covid-19 melanda, penggunaan BIM memungkinkan seluruh tim proyek untuk tetap bekerja maksimal karena tahap-tahap pekerjaan dapat dilihat dan dibahas bersama dalam sistem digital dengan data terbaru. Penggunaan BIM ini juga berdampak baik bagi lingkungan karena tidak menggunakan kertas dan tentunya akan mendatangkan efisiensi.

Advertisement

Eka menambahkan proyek Pekanbaru-Bangkinang merupakan proyek pertama HKI yang menerapkan BIM secara komprehensif.

“Kami selaku tim di lapangan sudah merasakan bagaimana BIM memudahkan kami dalam bekerja. Jarak tidak menjadi halangan bagi kami karena semua data-data pekerjaan kami tersaji dalam cloud yang bisa diakses oleh tim, sehingga pengambilan keputusan pun dapat lebih cepat dilakukan,” ungkap Eka dalam keterangan pers, Rabu (22/12).

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan bahwa pencapaian Tim Proyek PekanbaruBangkinang ini adalah bentuk komitmen Insan HKI untuk selalu berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. “Sudah hampir dua tahun sejak kami mulai menerapkan BIM di proyek-proyek HKI. Awalnya, hal ini tentu tidak mudah dilakukan, namun nyatanya BIM kini justru menjadi teknologi yang wajib digunakan oleh HKI,” ujar Aji.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan HKI Rian Hari Anggoro mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh Tim Pekanbaru-Bangkinang ini akan memotivasi Insan HKI lainnya untuk selalu berinovasi.

“Kami berharap akan adanya inovasi-inovasi lainnya yang akan lahir dari kreativitas para insan HKI,” pungkas Rian.

Editor : Trimurti (trimurti@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com