Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Sirnaresmi kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, 14 Januari 2022. Foto dok Kemendes PDTT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Sirnaresmi kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, 14 Januari 2022. Foto dok Kemendes PDTT

Gus Halim Takjub dengan Kelestarian Adat dan Budaya Desa Sirnaresmi

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:50 WIB
Herman

SUKABUMI, investor.id   - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dalam rangkaian pegiatan Sewindu Undang-Undang Desa yang akan dipusatkan di Desa Adat Kasepuhan Ciptagelar pada 15 Januari 2022.

Dalam kunjungannya tersebut, menteri yang akrab disapa Gus Halim ini mengaku takjub akan kentalnya tradisi adat dan budaya di Desa Sirnaresmi. Menurutnya, kelestarian budaya sangat penting untuk terus dijaga, terutama dalam menghadapi arus globalisasi.

“Saya sangat tersentuh dan berterima kasih dengan penyambutan yang luar biasa ini. Saya kagum dengan tradisi adat istiadat, keramahan serta kearifan yang ditunjukkan warga desa. Kelestarian budaya ini yang harus dipertahankan, ” ungkap Gus Halim saat mengunjungi Desa Sirnaresmi, Jumat (14/1/2022).

Disambut Bu Kades Liawati Suwandri dan Sekdes Vilka Mandala serta ratusan warga desa, Gus Halim disuguhi kesenian tradisional Dog-dog lojor. Ia terlihat tertawa lepas dan terkesima dengan keramahan warga Desa yang memang dikenal menjunjung tinggi nilai tradisi dengan melestarikan budaya dan kesenian para leluhur.

Gus Halim lalu menyempatkan diri keliling Desa dan tanpa canggung menyapa dan bercengkrama dengan warga kasepuhan serta melihat langsung aktivitas pertanian yang masih tradisional.

Sekdes Sirnaresmi Vilka Mandala dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan  ke Desa Sirnaresmi. Menurutnya, dengan terpilihnya Desa Sirnaresmi sebagai lokasi peringatan Sewindu UU Desa adalah bentuk apresiasi yang luar biasa dari pemerintah dalam hal ini Kemendesa PDTT.

“Terima kasih Pak Menteri. Sungguh terhormat atas dipilihnya desa kami sebagai lokasi peringatan Sewindu UU Desa,” ungkapnya.

Sementara itu, warga desa di sela-sela aktivitas pertaniannya juga sangat antusias menyambut kedatangan Gus Halim. Keramahan juga dirasakan petani yang menjadi lokasi kunjungan Gus Halim.

 “Saya kaget, beliau dengan ramah menyapa kita yang hanya petani biasa,” ungkap Pak Asep salah satu petani Kasepuhan Sinar Resmi.

Sebagai informasi, ada tiga kawasan kasepuhan yang berada di Desa Sirnaresmi, yaitu kampung adat Kasepuhan Sinar Resmi, Kasepuhan Cipta Mulya dan Kasepuhan Cipta Gelar. Disebut kasepuhan karena kampung ini memiliki model kepemimpinan yang berasal dari adat dan kebiasaan orang tua atau sesepuh.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN