Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kemendag kembali menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI) keenam untuk menjaga momentum peningkatan ekspor nonmigas. (ist)

Kemendag kembali menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI) keenam untuk menjaga momentum peningkatan ekspor nonmigas. (ist)

Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor, Kemendag Gelar GDI 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:03 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI) keenam untuk menjaga momentum peningkatan ekspor nonmigas. GDI 2022 menjadi salah satu program unggulan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, acara ini menjadi langkah konkret pemerintah mendorong perluasan pasar ekspor bagi produk-produk bernilai tambah dan berdaya saing tinggi di sektor nonkomoditas. Pendaftaran GDI secara resmi dibuka pada 20 Januari-akhir Maret 2022 melalui tautan iddc.kemendag.go.id/gdi.

"GDI adalah salah satu cara mendorong pertumbuhan kinerja ekspor nonmigas. GDI menjadi ajang promosi dan apresiasi bagi produk dan jasa baik manufaktur, maupun nonmanufaktur yang dikemas dengan konsep desain yang baik. Selain itu, produk-produk tersebut bisa diproduksi secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi, sehingga menghasilkan produk bernilai tambah dan dapat dipasarkan di pasar global," jelas Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Jumat (21/1/2022).

Mendag Lutfi mengungkapkan, terdapat 17 kategori produk dalam ajang GDI keenam yang dapat dipilih oleh peserta, yaitu accessories and wearable; personal care; stationery and hobby; household goods; home appliances; audio, video and ICT equipment; equipment and facilities for manufacturing and medical; housing fixtures; furniture/equipment and facilities for office and public; mobility; housing (detached house and small sized housing complex); housing (medium to large sized housing complex & co-housing); construction (industry and commercial facility); public facility, civil structure and landscape; media and contents; system and service; dan initiative and activity for regional.

"Kemendag menargetkan terjadi peningkatan ekspor nonmigas yang berkelanjutan. Torehan ekspor Indonesia pada 2021 senilai US$ 231,54 miliar atau memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah merupakan momentum yang perlu dijaga," kata Mendag Lutfi.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menambahkan, para pemenang GDI nantinya dapat memperoleh manfaat berupa kesempatan memperkuat jejaring bisnis dan memperluas pasar di skala internasional. "Kami mengundang kalangan desainer dan para pelaku industri berorientasi ekspor untuk berpartisipasi pada ajang GDI. Kami berharap para pemenang GDI nantinya dapat menjadi mitra Kemendag dalam mempromosikan potensi desain produk Indonesia ke mancanegara,” kata dia.

Selain itu, dia menuturka, mereka dapat meningkatkan citra Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu menghasilkan produk-produk nonkomoditas dengan desain yang baik,. Berdasarkan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) dan Japan Institute of Design Promotion, para pemenang berpredikat GDI Best secara otomatis dapat langsung mengikuti seleksi tahap akhir pada Good Design Award (GDA) di Jepang.

GDA merupakan ajang desain terbesar dan tertua berskala internasional sejak 1957 yang dilaksanakan oleh Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) setempat. Setiap tahun GDA diikuti 4.000 lebih peserta dari sekitar 20 negara. Hal tersebut menjadikan Jepang sebagai barometer tren desain dunia.

"Ajang GDI pada muaranya bertujuan memajukan perekonomian nasional demi kesejahteraan bangsa, khususnya bagi para pelaku usaha dan desainer produk-produk industri di Indonesia. GDI juga berfungsi sebagai platform bagi para desainer dan pelaku usaha lokal untuk menuju pasar global," kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor Miftah Farid.

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN