Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nisan kuno ditemukan di Proyek IPAL Palembang. Foto: IST

Nisan kuno ditemukan di Proyek IPAL Palembang. Foto: IST

Waskita Karya Serahkan Temuan Nisan Kuno Proyek IPAL ke Dinas Kebudayaan Palembang

Senin, 24 Januari 2022 | 18:36 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) telah menyerahkan penemuan batu nisan kuno yang diduga cagar budaya di lokasi proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Palembang kepada Dinas Kebudayaan Kota Palembang sejak 17 Januari 2022.

Tidak hanya itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya, Prasetyo secara khusus datang ke Kota Palembang pada Kamis (20/1) untuk meninjau progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan IPAL Kota Palembang. Pihaknya akan melakukan koordinasi terkait wilayah pekerjaan yang bersinggungan dengan lokasi bersejarah di Kota Palembang dengan instansi terkait.

Baca juga: Asyik, Waskita Karya (WSKT) Buka Program Magang bagi Mahasiswa

"Kami akan mendukung pengamanan cagar budaya di lokasi pekerjaan kami dan akan lebih memperhatikan pelaksanaan pekerjaan," tutur Prasetyo dalam keterangan resmi, Senin (24/1).

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan, Achmad Irwan Kusuma telah menyampaikan permohonan maafnya atas ketidakpahaman terhadap standar operasional prosedur (SOP) pengamanan cagar budaya di lokasi tersebut. Pihaknya tidak bermaksud untuk menutupi penemuan batu nisan tersebut, melainkan tim di lapangan awam dengan SOP pengamanan cagar budaya.

"Kami mohon maaf atas ketidaktahuan kami soal cagar budaya, kami tidak bermaksud untuk menyembunyikan temuan itu. Ini murni ketidakpahaman kami tentang SOP pengamanan cagar budaya," kata Irwan.

Tujuannya supaya kejadian serupa tidak lagi terulang, dan pihaknya memohon bantuan dari instansi terkait untuk melakukan sosialisasi mengenai SOP pengamanan cagar budaya. Sehingga jika ditemukan kembali situs bersejarah, kontraktor bisa menindak lanjuti sesuai SOP yang berlaku.

Adapun temuan benda diduga peninggalan bersejarah berawal pada 12 Januari 2022 malam saat Waskita Karya melakukan galian pipa sekunder di Jalan Tengkuruk Blok C, 16 Ilir, Kota Palembang. Keesokan harinya kabar penemuan benda tersebut mulai viral di media sosial Instagram. Namun, Waskita Karya sebagai pelaksana pekerjaan langsung bergerak cepat melakukan pendekatan dan telah klarifikasi agar tidak terjadi misinformasi yang semakin melebar.

Baca juga: Mantan Kapolri Tambah Kepemilikan Saham di Waskita Karya (WSKT)

Waskita juga tidak melarang pihak dinas untuk melakukan penelusuran serta melakukan prosedur yang berlaku untuk pengamanan cagar budaya dengan syarat petugas dinas terkait mengirimkan surat resmi untuk agenda tersebut. "Dinas Kebudayaan Kota Palembang sudah bersurat resmi dengan tim pelaksana pekerjaan," ucap Irwan.

Menurut Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya Tbk, Ratna Ningrum, setelah dilakukan pertemuan untuk koordinasi dan klarifikasi maka disepakati pengangkatan nisan kuno tersebut yang disaksikan langsung oleh Dinas PUPR, Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Kantor Arkeologi Sumatera Selatan, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi dan diserahkan ke Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk proses penelitian lebih lanjut.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN