Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers evaluasi PPKM di luar Jawa-Bali, 24 Januari 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers evaluasi PPKM di luar Jawa-Bali, 24 Januari 2022.

Pemerintah Buka Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura

Senin, 24 Januari 2022 | 18:47 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah mulai Senin (24/1/2022) membuka travel bubble (gelembung perjalanan) antara Batam-Bintan-Singapura. Salah satu pertimbangan pemerintah membuka travel bubble karena Batam dan Bintan telah berada di PPKM Level 1.

"Pemerintah juga mendorong travel bubble antara Batam-Bintan-Singapura untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam dan Bintan," kata Airlangga saat memberikan keterangan pers secara daring, pada  Senin (24/1/2022).

Ia mengatakan, mekanisme travel bubble diatur dalam Surat Edaran Satgas Covid-19, yang mengatur tentang pelaku perjalanan luar negeri adalah dari  Pelabuhan Nongsa Pura, Batam dan Pelabuhan Bentan Telani, Bintan.

SE itu juga menyatakan bahwa  persyaratan bagi wisatawan mancanegara untuk masuk ke  Bintan-Batam adalah sudah divaksin dua kali, negatif PCR 3x24 jam, dan memiliki visa kecuali WNA Singapura, yang merupakan bagian dari Asean.

"Ini harus terus dimonitor dan Di samping itu, wisatawan mancanegara juga harus memiliki kepemilikan asuransi senilai Sin $30.000 dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan Bluepass," kata Airlangga.

Airlangga juga menyampaikan bahwa Batam dan Bintan  wajib menyediakan sejumlah hotel dan tempat-tempat yang sudah memenuhi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.  

Selain itu, kedua wilayah  juga wajib membentuk Satgas Covid-19. “Baik surat edaran dan peraturan gubernur-nya sudah disiapkan,” kata dia.

Travel bubble  adalah kebijakan meniadakan masa isolasi yang biasanya wajib dilakukan  pelancong internasional saat akan memasuki sebuah negara pada masa pandemi Covid-19.

Kebijakan ini hanya diberlakukan pada kelompok pelancong terpilih dari negara tertentu. Misalnya, dalam hal ini warga negara Indonesia dan Singapura sama-sama boleh masuk ke wilayah satu sama lain, tanpa menjalani masa karantina sebagaimana aturan yang berlaku.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN