Menu
Sign in
@ Contact
Search
CEO SellerUp Academy, Christina Yaori dan  Ketum Perumkmindo, Arifin Ibrahim tanda tangan MoU kerja sama untuk pasar produk UMKM di Amazon, Jakarta, Rabu, 2 Februari 2022. Foto: Istimewa

CEO SellerUp Academy, Christina Yaori dan Ketum Perumkmindo, Arifin Ibrahim tanda tangan MoU kerja sama untuk pasar produk UMKM di Amazon, Jakarta, Rabu, 2 Februari 2022. Foto: Istimewa

SellerUp Academy-Perumkmindo Dorong UMKM Pasarkan Produk di Amazon

Jumat, 4 Februari 2022 | 11:25 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id   - Amazon selling partner, PT Lima Lumbung Sejahtera (SellerUP Academy) bersama dengan Persatuan UMKM Indonesia (Perumkmindo) mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk melalui platform marketplace e-commerce, Amazon.

Hal ini disepakati dalam acara penandatanganan MoU kerja sama antara SellerUp Academy dengan Perumkmindo di Jakarta, pada Rabu (2/2/2022).

Menurut CEO SellerUp Academy, Christina Yaori, Amazon sebagai platform marketplace e-commerce terbesar di dunia melaporkan perolehan penjualan pada Kuartal I-2021 mencapai US$108,5 miliar atau bertumbuh 44% (year-on-year) di masa pandemi Covid-19. Sedangkan, laba bersih di periode yang sama meningkat 220% (y-o-y) menjadi US$ 8,1 miliar.

Baca juga: Persaingan E-Commerce di Tengah Kemeriahan Akhir Tahun Meningkat  

"SellerUp Academy melihat adanya peluang besar bagi UMKM di Indonesia untuk mampu melakukan ekspansi pasar ke marketplace luar negeri. Sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo agar UMKM bisa dibantu untuk dapat melakukan ekspor," ujar Yaori dalam acara tersebut.

Yoari mengatakan, kerjasama dengan Perumkmindo sebagai upaya untuk menghimpun produk-produk UMKM agar bisa masuk ke pasar AS, Eropa, Australia dan Timur Tengah.

"Untuk masuk ke pasar AS yang ketat, kami juga akan mengurus perizinan dan registrasi produk UMKM Indonesia ke Food and Drug Administration (FDA)," imbuhnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan Amazon, Metrodata  Dukung Digitalisasi Perusahaan Lokal

Yaori menambahkan, Lima Lumbung Sejahtera sebagai selling partner dari Amazon akan memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan, agar produk UMKM Indonesia bisa memenuhi kriteria sebagai produk impor.

"Bahkan, kami juga akan melakukan pendampingan terkait aspek permodalan. Nantinya juga akan bisa dipasarkan melalui Walmart," ungkap Yaori.

Sejauh ini, tutur Yaori, fakta menunjukkan bahwa UMKM Indonesia masih mengalami kesulitan untuk menembus pasar ekspor, terutama karena terkendala pemasaran, logistik dan pengetahuan mengenai ekspor. 

Baca juga: UMKM Dapat Insentif PPh Rp 800 Miliar

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kata dia, sebesar 86% pelaku ekspor adalah usaha besar. Sementara itu, kontribusi UMKM terhadap total ekspor hanya sebesar 14,37%.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Perumkmindo, Arifin Ibrahim berharap, kerjasama dengan SellerUP Academy bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi UMKM, terkait akses pemasaran, peningkatan kapasitas dan mutu produk, standarisasi dan sertifikasi, perizinan, perlindungan kekayaan intelektual, serta penguatan jejaring dan teknologi.

"Besar harapan kami kerjasama ini bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang terimbas kondisi pandemi. Dan, bisa membantu produk UMKM berkompetisi di pasar internasional, sehingga dapat melahirkan UMKM Indonesia yang semakin besar, maju dan mandiri," pungkas Arifin.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com