Menu
Sign in
@ Contact
Search
Darmawan Junaidi (ist)

Darmawan Junaidi (ist)

Bank Mandiri Optimistis Kinerja Ekonomi Indonesia Lebih Kuat Tahun ini

Rabu, 9 Februari 2022 | 14:13 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meyakini, kinerja ekonomi Indonesia di tahun ini akan tumbuh lebih kuat dan cepat dibanding tahun sebelumnya. Perbaikan ini didukung oleh mobilitas dan permintaan masyarakat yang mulai meningkat.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, indikator pemulihan ekonomi yang semakin kuat sudah terjadi sejak 2021 yang didukung oleh faktor indeks belanja dan konsumsi rumah tangga yang membaik. Ini sejalan dengan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Kami optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami peningkatan sebab penanganan Covid-19 telah baik. Sehingga pemulihan ekonomi akan berlanjut dengan cepat karena faktor permintaan domestik dan pertumbuhan kredit meningkat. Kami sudah lihat ada tanda-tanda perbaikan ekonomi sejak 2021,” tutur Darmawan dalam Mandiri Investment Forum, Rabu (9/2/2022).

Meski penguatan ekonomi semakin terakselerasi, namun ia mengingatkan bahwa masih terdapat beberapa risiko yang akan dihadapi ekonomi domestik. Risiko itu mulai dari pemulihan ekonomi di setiap negara berbeda. Sementara meningkatnya permintaan di negara maju yang tidak diimbangi sisi penawaran berdampak pada meningkatnya inflasi di berbagai negara.

Kenaikan inflasi ini pun harus direspons oleh kebijakan bank sentral AS dengan mempercepat tapering dan menaikkan suku bunga. “Fed Funds Rate sudah mulai tapering dengan peningkatan suku bunga dan perubahan lingkungan global berdampak lingkungan dommestik,” ucap dia.

Kendati begitu, Bank Mandiri optimistis bahwa fundamental ekonomi Indonesia cukup baik yang tercermin dari sisi neraca perdagangan, ketahanan eksternal hingga cadangan devisa  sudah jauh lebih kuat untuk menghadapi tapering off dari The Fed.

Lebih lanjut, tantangan lainnya yang patut diwaspadai adalah peningkatan infeksi Covid-19 yang signifikan di seluruh dunia akibat varian Omicron. Di Indonesia jumlah kasus telah meningkat terus dalam beberapa minggu terakhir, sehingga dia berpendapat, diperlukan langkah pencegahan untuk mengantisipasi gelombang berikutnya.

Sektor kesehatan dinilai memainkan peran penting dalam pemulihan ini bersamaan dengan program vaksinasi yang terus dilanjutkan dalam jangka panjang. Reformasi di bidang kesehatan dinilai harus menjadi salah satu agenda utama pembangunan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi ke depan.

“Masalah pandemi bangkitkan kesadaran masyarakat terkait perlunya hidup sehat dan lebih bersih,” tuturnya.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com