Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sepeda motor listrik roda tiga di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: PT Angkasa Pura II

Sepeda motor listrik roda tiga di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: PT Angkasa Pura II

Bingung Mau Keliling Bandara Soekarno-Hatta Naik Apa? Kini Ada Motor Listrik Roda Tiga, lho!

Minggu, 20 Februari 2022 | 18:38 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pada awal tahun ini, PT Angkasa Pura (AP) II kembali memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dengan menyediakan sepeda motor ringan roda tiga berbasis listrik (eMoped).

EGM of Adjacent Business AP II Yado Yarismano mengatakan, eMoped yang disiapkan oleh Voy ini berbasis sharing dan dapat digunakan oleh umum.

“eMoped yang merupakan alat transportasi baru di Bandara Soekarno-Hatta ini berbasis sharing, di mana siapa pun dapat menggunakan secara bergantian oleh umum,” jelas Yado Yarismano dalam keterangan resmi, Minggu (20/2).

Baca juga: Gaes Siap-siap ya, AirAsia bakal Hadirkan Layanan Ride Sharing Pesawat Listrik

Adapun penggunaan eMoped ini sejalan juga dengan penerapan smart airport di Bandara Soekarno-Hatta.

“Operasionalnya sendiri didukung melalui aplikasi, mulai dari pengaktifan hingga monitoring penggunaan. Alat transportasi berbasis sharing dengan teknologi informasi ini mendukung penerapan smart airport di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Yado Yarismano.

Yado Yarismano menambahkan saat ini telah ditetapkan stasiun eMoped di Bandara Soekarno-Hatta sebagai titik awal dan akhir penggunaan eMoped, yaitu di kawasan transit oriented development (TOD), area perkantoran, dan terminal kargo. Dalam waktu dekat menyusul akan dibuka di Terminal 3.

Motor listrik roda tiga di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Angkasa Pura II
Sepeda motor listrik roda tiga di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Angkasa Pura II

“Keberadaan eMoped ini fokus utamanya adalah membantu mobilitas pekerja atau komunitas di Bandara Soekarno-Hatta sehingga kami menetapkan tiga jalur eMoped, yaitu area TOD-perkantoran-terminal kargo. Sebagian pekerja datang ke bandara melalui TOD yang berada di area belakang bandara, untuk kemudian menuju area perkantoran, terminal kargo, serta Terminal 3. Kini, mereka bisa memanfaatkan e-Moped yang juga mendukung physical distancing di tengah pandemi ini,” papar Yado.

“eMoped ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum yang ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik di area bandara,” jelas Yado Yarismano.

Adapun jarak antara stasiun dengan menggunakan e-moped berkisar 3-5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari satu stasiun ke satu stasiun lainnya.

Baca juga: Wow, Tony Fernandes Ungkap Rencana Airasia Ride Masuk Indonesia

AP II memastikan pengguna eMoped di Bandara Soekarno-Hatta ini juga harus memenuhi ketentuan antara lain menggunakan helm dan memiliki SIM C. Sementara, kecepatan maksimal dari eMoped ini adalah 25 km/jam.

“Melalui eMoped ini kami berharap penggunaan kendaraan bermotor konvensional di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dapat berkurang,” ujar Yado Yarismano.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com