Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wakil Presiden Maruf Amin melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) Pajak Penghasilan di kediaman Wapres di Jakarta pada Senin (07 Maret 2022). .Foto: Humas Direktorat Jenderal Pajak

Wakil Presiden Maruf Amin melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) Pajak Penghasilan di kediaman Wapres di Jakarta pada Senin (07 Maret 2022). .Foto: Humas Direktorat Jenderal Pajak

Pemerintah Ajak Masyarakat Lapor SPT Tahunan Tepat Waktu

Senin, 7 Maret 2022 | 22:23 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh wajib pajak untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) Pajak Penghasilan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Seluruh harta yang dilaporkan dan pajak yang dibayarkan, merupakan bukti kontribusi nyata seluruh elemen masyarakat dalam menyejahterakan masyarakat, membangun negara dan meningkatkan perekonomian nasional.

“Pajak adalah bukti kecintaan kepada negara. Pajak sangat diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dan penguatan sistem kesehatan masyarakat, serta mewujudkan cita-cita pembangunan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera,” ucap Ma’ruf dalam siaran pers yang diterima pada Senin (7/3/2022).

Baca juga: Presiden Ajak Masyarakat Taat Laporkan SPT Tahunan PPh

Batas waktu pelaporan untuk wajib pajak Pribadi pada 31 Maret 2022 dan untuk wajib pajak Badan pada 30 April 2022. Penerimaan SPT Tahunan tahun pajak 2021 sampai dengan hari ini, 7 Maret 2022 pukul 15.00 WIB, jumlah SPT Tahunan yang telah dilaporkan sebanyak 4.661.892 SPT. Rinciannya, 4.661.892 SPT Tahunan Orang Pribadi, 153.756 SPT Badan. Berdasarkan angka itu, rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan sudah mencapai angka 25,34%.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk taat pajak. Karena pajak tersebut digunakan untuk kepentingan masyarakat juga. Menyampaikan laporan SPT Tahunan secara daring melalui eFiling. E-Filing disebut oleh Wapres memiliki beberapa keunggulan. Pertama, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor pajak. Kedua yaitu untuk mengurangi mobilitas dan menghindari risiko terpapar Covid-19.

Baca juga: Presiden Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga menjelaskan bahwa saat ini pemerintah kembali memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengungkapkan harta yang belum dilaporkan melalui Program Pengungkapan Sukarela (PPS). Ia pun kembali mengimbau agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam program ini.

“Mengimbau wajib pajak agar dapat memanfaatkan kesempatan baik ini demi kenyamanan pelaporan pajak ataupun menghindari kesulitan atau sanksi di kemudian hari,” katanya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN