Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sarman Simanjorang, waketum Kadin bidang pengembangan otonomi daerah.

Sarman Simanjorang, waketum Kadin bidang pengembangan otonomi daerah.

Pengusaha Minta Keringanan Pembayaran THR

Senin, 11 April 2022 | 21:15 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Kalangan pengusaha menilai dalam kondisi pemulihan ekonomi saat ini, belum semua bidang usaha pulih. Oleh karena itu, pengusaha meminta fleksibilitas pembayaran tunjangan hari raya (THR) keagamaan 2022.

“Bagi pengusaha yang memang tidak memiliki kemampuan, agar tetap diberikan ruang untuk berdialog dan berunding untuk membuat kesepakatan sesuai peraturan yang ada,” ucap Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang, Senin (11/4).

Dia mengatakan, dalam proses pemulihan ekonomi saat ini, arus kas pengusaha belum semua memiliki kemampuan, seperti sektor hiburan, event organizer dan usaha penunjangnya ,restoran, kafé, hotel, kontraktor kecil menengah, usaha kecil menengah (UKM) dan lain lain.

“Sektor-sektor tersebut ini ada kemungkinan mampu membayar THR, tetapi tidak penuh, bahkan tidak mampu sama sekali,” ucap Sarman.

Bila arus kas (cash flow) pelaku usaha sudah memadai, dia menuturkan, kewajiban THR segera diselesaikan. Posko THR kegamaan yang dibentuk untuk Kemenaker dan dinas tenaga kerja kabupaten/kota sebagai pusat konsultasi dan penegakan hukum diharapkan juga melayani dan menjembatani permasalahan bagi pengusaha yang tidak mampu. Jangan sampai pengusaha yang memang benar-benar tidak memiliki kemampuan membayar THR, diberikan sanksi. Ini tidak adil bagi pengusaha.

“Keterbukaan dan transparansi menjadi dasar untuk menyelesaikan hubungan industrial yang berkaitan dengan permasalahan THR,” kata Sarman.

Penanganan pandemi Covid-19, kata dia, diharapkan semakin terkendali, sehingga pemerintah tidak lagi menerapkan pembatasan dan menetapkan status pandemi ke endemi. Imbasnya, pemulihan ekonomi lebih cepat, pertumbuhan ekonomi mencapai target, daya beli masyarakat naik, dan lapangan pekerjaan semakin tersedia.

“Dengan demikian, pada 2023, semua sektor usaha akan mampu memenuhi kewajiban membayar THR secara penuh dan tepat waktu sesuai harapan pemerintah,” pungkas Sarman. 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com