Menu
Sign in
@ Contact
Search
Hotel bintang lima The Apurva Kempinski Bali

Hotel bintang lima The Apurva Kempinski Bali

2022 Okupansi Hotel Bali Diperkirakan Tumbuh 20 Persen

Rabu, 13 April 2022 | 10:58 WIB
Imam Muzakir (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Industri pariwisata dan hotel Bali diperkirakan bakal tumbuh 10-20 %. Hal ini ditopang oleh adanya pelonggaran kebijakan karantina oleh pemerintah terhadap wisatawan asing maupun domestic yang datang ke pulau dewata.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto mengatakan, Bali diperkirakan bakal memiliki prospek yang cerah dan ada pergerakan ke arah yang positif pada tahun ini. Bali sudah siap menyambut wisatawan asing. Beberapa negara, sudah mulai membuka perbatasannya dan mengizinkan warganya untuk kembali bepergian.

“Ada kemungkinan permintaan akomodasi hotel meningkat, ini didukung oleh Bali berikan pelonggaran kebijakan karantina. Kami berharap ini akan berkontribusi pada peningkatan tingkat hunian hotel sekitar 10-20% pada akhir tahun 2022,” kata Senior Associate Director Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto, dalam acara Media Briefing belum lama ini.

Ferry mengatakan, untuk menyesuaikan dengan situasi terkini, pelaku industri perhotelan dituntut untuk memahami tidak hanya kebutuhan wisatawan asing tetapi juga wisatawan domestik.

“Meskipun lebih rentan dalam hal respons mereka terhadap isu-isu negatif, pasar domestik akan memberikan “momen penting” yang lebih cepat daripada pasar luar negeri,” kata dia.

Pasar domestik cenderung lebih tangguh dan itu terbukti ketika jumlah wisatawan asing anjlok pasca Bali pengeboman tahun 2002 lalu, wisatawan nusantara terus dorong industri pariwisata di Bali untuk bangkit.

Sementara untuk pasokan hotel baru selama kuartal pertama 2022 ini, kata Ferry tumbuh lamban, hal ini bisa terjadi atas respons umum sehubungan dengan kinerja keseluruhan selama pandemic Covid-19. “Ke depan, kami mengantisipasi setidaknya lebih banyak kamar selesai tahun ini capai 607 kamar,” kata dia.

Dengan meningkatnya wisatawan dan kebijakan karantina baru di Bali yang memungkinkan wisatawan asing untuk datang tanpa ada pengetatan prosedural, tingkat hunian hotel dapat tumbuh tahun ini. Colliers perkirakan ada kenaikan okupansi hotel per kuartal sebesar 12,3 % dan 42,1 % di akhir tahun.

“Seiring dengan peningkatan penggunaan kamar, tarif kamar kemungkinan juga menyesuaikan, tetapi masih lebih lambat daripada peningkatan okupansi hunian,” ujarnya.

Domestik Tulang Punggung

Ferry juga menyebutkan bahwa, selama dua tahun terakhir, wisatawan domestik menjadi tulang punggung industri pariwisata di Bali. Dari tahun 2018 hingga 2019, jumlah wisman yang datang ke Bali hanya meningkat sebesar 3,4%, lebih rendah dibandingkan dua tahun sebelumnya (naik 15,6% pada 2016-2017 dan 6,54% pada 2017-2018).

Pasar wisatawan domestik tumbuh sebesar 8% dari 2018 hingga 2019, lebih tinggi dari pertumbuhan kedatangan wisatawan asing. Pada 2020, industri pariwisata terpukul keras karena pandemi.

2019-2020 YoY jumlah wisatawan domestik dan asing turun signifikan, namun setahun kemudian wisatawan domestik cenderung lebih tangguh dan mereka terus melakukan perjalanan, meskipun dalam jumlah terbatas. “Kami merasakan industri pariwisata yang lebih bullish pada tahun 2022.

Kebijakan pemerintah Indonesia merevisi pedoman penerapan perjalanan internasional khususnya yang menggunakan transportasi udara saat memasuki Bali seperti, penghapusan persyaratan sertifikat vaksin, kebijakan relaksasi karantina. Penerbangan internasional sudah mulai mendarat di Bali. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Bali, hingga Januari 2022, baru tiga turis asing yang mendarat di Ngurah Rai.

“Seperti yang bisa kita lihat dalam dua bulan terakhir (Februari dan Maret) banyak penerbangan internasional yang kembali ke Bali, menunjukkan bahwa jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Bali akan meningkat. Karena mulai Maret, pemerintah mengizinkan pelancong internasional datang ke Indonesia tanpa harus dikarantina, dan hanya diperlukan tes PCR,” jelasnya.

Editor : Imam Muzakir (imam.muzakir@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com