Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), 13 April 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), 13 April 2022.

Harga Pangan dan Energi Naik, BI Optimistis Inflasi Tetap Terkendali

Rabu, 13 April 2022 | 19:31 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Di tengah tekanan geopolitik yang berdampak pada meningkatnya harga energi dan harga pangan, Bank Indonesia (BI) tetap optimistis laju inflasi pada tahun ini akan tetap terkendali di kisaran 3,0±1% atau 2%-4%. Berbagai intervensi juga telah dilakukan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Pemerintah terus menjaga pasokan bahan makanan tetap terjaga, sehingga inflasi kita masih terkendali 2,3% bulan lalu, dan tentu saja melakukan pemantauan dan koordinasi secara erat antara tim pengendalian inflasi pusat dan daerah. Secara keseluruhan, asesmen kami sejauh ini, kami masih confidence inflasi masih bisa terjaga di sasaran yaitu 2% sampai 4% atau 3,0±1%,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi 4,5-5,2% di Kuartal I-2022

Perry menambahkan, BI akan terus memantau tekanan-tekanan kenaikan harga kedepannya, serta memperkuat koordinasi secara bersama, baik dari sisi fiskal maupun dari sisi pemerintah, agar harga-harga tetap terkendali, kondisi fiskal sehat, pertumbuhan ekonomi membaik.

Perry menegaskan, BI juga tidak akan menaikkan suku bunga sebelum melihat adanya peningkatan inflasi di dalam negeri.

“Kebijakan suku bunga selalu didasarkan pada perkiraan inflasi dan pertumbuhan ekonomi kedepan. Sejauh ini kami masih mempertahankan kebijakan suku bunga akan kami pertahankan 3,5% sampai ada tanda-tanda kenaikan inflasi,” kata Perry.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com