Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan perempuan Indonesia harus membuktikan diri layak jadi pemimpin, Sumber: Istimewa

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan perempuan Indonesia harus membuktikan diri layak jadi pemimpin, Sumber: Istimewa

Perlu Diakselerasi, Realisasi Anggaran PC-PEN Baru 11,6%

Rabu, 20 April 2022 | 11:26 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, realisasi program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) hingga 11 April 2022 baru baru mencapai Rp 52,66 triliun atau 11,6% dari pagu Rp 455,62 triliun.

“(Realisasi) enggak terlalu besar, saya harap akan terus diakselerasi sebab ekonomi masih perlu terus didorong” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (20/4/2022).

Secara rinci, realisasi anggaran PEN yang sebesar Rp 52,66 triliun itu meliputi klaster kesehatan sebesar Rp 2,5 triliun yang mencakup klaim dan insentif tenaga kesehatan (nakes), klaim pasien, dan dana desa untuk penanganan Covid-19.

“Pembayaran insentif nakes, klaim pasien yng masih terus berjalan dari klaim pasien tahun tahun sebelumnya,” ucap Menkeu.

Kemudian, klaster perlindungan sosial mencapai Rp 45,1 triliun yang meliputi program keluarga harapan (PKH), Kartu Sembako, BLT Desa, dan Kartu Prakerja.

Menurut Sri Mulyani, program dalam klaster perlindungan sosial dapat menjadi bantalan bagi masyarakat di saat menghadapi kenaikan harga komoditas.

Sementara klaster penguatan pemulihan ekonomi terealisasi Rp 5,07 triliun yang mencakup pariwisata, teknologi informasi komunikasi (ICT) dukungan UMKM, dan insentif perpajakan.

Adapun program PC-PEN tahun ini, kata Menkeu masih diarahkan untuk mendukung penanganan pandemi dan perlindungan kepada masyarakat terdampak serta pemulihan perekonomian utamanya untuk mendukung penciptaan lapangan kerja, yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com