Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). ( Foto: Istimewa )

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Usaha, Pengusaha Wajib Tahu!

Jumat, 22 April 2022 | 19:40 WIB

JAKARTA, investor.id - Berkembangnya online shopping dan e-commerce di Tanah Air, juga memengaruhi berbagai lini lainnya di sektor ekonomi. Termasuk juga dalam sistem pembayaran dan berbagai transaksi, mengalami perubahan yang cukup signifikan. Contohnya dompet digital semakin menjamur. Guna mengimbangi berbagai transaksi jual beli online, muncul pula banyak aplikasi pembukuan usaha.

Cara tradisional pun perlahan-lahan makin ditinggalkan karena dianggap tidak praktis. Salah satu aplikasi pembukuan usaha yang bisa dipilih adalah BukuMitra yang dikeluarkan oleh Bukalapak. Ada banyak sekali keunggulan jika Anda memutuskan untuk menginstal Buku Mitra di gawai. Mulai dari cara daftarnya mudah, aplikasi ringan, bisa promosi usaha secara gratis, dan penggunaanya yang praktis.

Advertisement

Selain Buku Mitra dari BukaLapak, banyak juga aplikasi lainnya yang bisa dipilih. Kenapa harus menggunakan aplikasi pembukuan usaha? Berikut ini berbagai keunggulan yang ditawarkan secara general.

Memantau Transaksi Lebih Mudah
Di berbagai aplikasi pembukuan kas online, fitur utama yang ditawarkan adalah Anda bisa memantau transaksi dengan lebih mudah. Baik itu pemasukkan, pengeluaran, hutang piutang, keuntungan produk yang dijual, sampai dengan omset penjualan. Anda sudah tidak perlu lagi membuka buku besar secara manual, tinggal cek-cek di aplikasi semuanya bisa dilihat dengan gamblang dan transparan.

Anda bisa mengecek transaksi dari mana saja, meski sedang tidak berada di sekitar tempat usaha. Tentunya, jika ada hal-hal yang kurang beres, akan lebih mudah untuk ditelusuri serta makin cepat ditangani.

Perhitungan Lebih Akurat
Dengan menggunakan sistem, penghitungan berbagai transaksi yang dilakukan jadi lebih akurat. Coba bayangkan jika Anda masih mencatat semuanya secara manual di kertas, bisa saja terjadi kesalahan penghitungan atau kesalahan dalam membaca informasi. 

Sebenarnya, kesalahan manusia memang tidak bisa hilang begitu saja. Namun tentunya, dengan memanfaatkan sistem, bisa semakin diminimalisir.

Fitur yang Ditawarkan Beragam
Aplikasi memang dibuat untuk memudahkan berbagai aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Dan benar saja, aplikasi pembukuan online juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan. Misalnya saja bisa mengecek harga ongkos kirim, dapat membuat link WA  (WhatsApp) lebih cepat, hingga bisa juga menciptakan katalog produk sebagai media promosi. Biasanya, juga sudah ada berbagai petunjuk penggunaan fitur. Jadi meski baru pertama menggunakannya, tetap akan mudah.

Mempermudah Pengelolaan Pajak
Bagi usaha-usaha kecil seperti halnya UKM, pengelolaan pajak jadi salah satu pekerjaan rumah (PR) yang membuat banyak orang kelimpungan. Bagi yang sudah memiliki akuntan, tentunya cukup memudahkan. Dengan alasan itulah, penggunaan aplikasi pembukuan sangat disarankan. Anda sudah tidak perlu ribet lagi, beberapa aplikasi juga sudah menawarkan penghitungan untuk pajak.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Usaha
Pembukuan usaha ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis yang dijalankan. Baik itu dilakukan secara online atau offline. Bisa digunakan untuk toko baju, online shop, warung makan, perikanan, pertanian, coffee shop, katering harian, bengkel, dan lain sebagainya.

Menariknya beberapa aplikasi pembukuan kas online juga memberikan loyalty program berupa poin yang bisa kembali dimanfaatkan. Ada pula beberapa promo yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis yang sedang dilakukan.

Sebagai Media Promosi
Beberapa aplikasi pembukuan kas online juga memberikan kemudahan sebagai media promosi. Jadi, bisa tambah cara untuk menjaring pelanggan lebih luas lagi. Di Buku Mitra dari BukaLapak, Anda bisa memanfaatkan fitur ‘Media Promosi’. Nantinya, Anda bisa membuat media promosi berupa spanduk, katalog, poster, dan juga kartu nama.

Penggunaan fitur Media Promosi di Buku Mitra ini gratis atau tanpa dipungut biaya. Artinya, Anda sudah tidak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi untuk membuat materi promosi. Hanya tinggal klik saja, Anda bisa membuat media promosi dengan gampang, bisa juga menyesuaikannya dengan kebutuhan yang diperlukan.

Setelah media promosi yang dibuat selesai, Anda juga bisa langsung membagikannya ke pelanggan. Bisa lewat WhatsApp, media sosial, dan lainnya.

Bisa Mengelola Bisnis Lebih Efisien
Karena sistem pembukuan keuangan sudah ditangani dengan baik dengan aplikasi, jadi Anda bisa melakukan pembenahan di sisi lainnya. Misalnya saja dari segi pelayanan atau meningkatkan kualitas barang yang ditawarkan. Dengan demikian, bisnis yang dilakukan lebih efisien, memangkas waktu lebih banyak dan hasilnya juga akan lebih optimal.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa terus memperdalam ilmu tentang bisnis. Jadi, banyaknya waktu luang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih penting. Apalagi jika sudah terlihat bisnis yang dilakukan akan sukses, Anda harus membekali diri supaya tidak mudah terpuruk kembali.

Lebih Ramah Lingkungan
Penggunaan aplikasi pembukuan online juga dianggap jadi salah satu cara untuk menghijaukan bumi. Pasalnya, sudah tidak perlukan lagi banyak buku dan tinta untuk mencatat berbagai transaksi. Tak bisa dipungkiri, saat berbisnis akan banyak kertas yang digunakan. Bisa untuk anggaran, struk, slip gaji, dan lain sebagainya. Jika perlahan-lahan hal tersebut diganti menjadi digital, tidak perlu lagi banyak pohon ditebang hanya untuk membuat kertas.

Menjadi seorang pebisnis memang harus paham dengan peluang yang ditawarkan. Nah, jika sudah ditawarkan peluang kemudahan untuk mengelola keuangan dengan aplikasi pembukuan kas online, Anda sudah tidak perlu berpikiran berkali-kali untuk menginstalnya. Jangan lupa untuk pilih Buku Mitra dari BukaLapak dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan!

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN