Menu
Sign in
@ Contact
Search
Founder Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), periode 2000-2009 Purnomo Yusgiantoro

Founder Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), periode 2000-2009 Purnomo Yusgiantoro

Perang Rusia dan Ukraina, Pengaruhi Ketahanan Energi Nasional

Sabtu, 23 Apr 2022 | 15:53 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id Founder Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) yang juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), periode 2000-2009 Purnomo Yusgiantoro mengatakan, krisis  geopolitik antara  Rusia dan Ukraina sangat mempengaruhi ketahanan energi nasional.

Selain menyebabkan terjadinya instabilitas harga komoditas pangan dan energi, krisis geopolitik juga mengganggu keamanan global.

Baca juga Andi Widjajanto: Populasi Mobil Listrik Indonesia Masih Rendah

“Ketahanan energi sangat rentan terhadap  geopolitik, instabilitas harga, dan keamanan global,” kata Purnomo saat menjadi pembicara pada diskusi bertajuk "Disrupsi Masif di Pasar Energi Global: Pembelajaran bagi Ketahanan Energi Indonesia" yang diselenggarakan Purnomo Yusgiantoro Center  secara daring, pada Sabtu (23/4/2022).

Advertisement

Pembicara lainnya,  Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia, Andi Widjajanto,  Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk Arcandra Tahar, dan Ketua Umum PYC  Filda C. Yusgiantoro.

Ia mengungkapkan, dengan adanya perang Rusia dan Ukraina, suplai energi ke Eropa Barat menjadi terganggu.

“Dengan perang Rusia dan Ukraina suplai energi terganggu, sebab 47% energi di Eropa Barat berasal dari Rusia,” jelas Purnomo.

Baca juga Disrupsi Ganggu Ketahanan Energi dan Ekonomi Indonesia

Menurut Purnomo,  dalam situasi seperti saat ini harga energi dalam teori apapun, baik  teori ekonomi maupun  ekonomi energi tidak bisa diprediksi arahnya ke depan.  

Ditambah lagi perang Rusia dan Ukraina  yang telah memicu kenaikan harga komoditas energi dan pangan di berbagai negara.

“Tidak akan pernah bisa memprediksi harga energi itu kedepannya seperti apa. Melonjak-lonjak harganya, kemudian bisa turun, dan bisa naik sehingga siapapun yang berada di bisnis energi harus memahami betul the risk and uncertainty atau VUCA ((volatility, uncertainty, complexity, ambiguity),” kata Purnomo.

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com