Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Kick-off DEWG Presidensi G20 2022 di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, 15 Maret 2022.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Kick-off DEWG Presidensi G20 2022 di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, 15 Maret 2022.

Luhut: Pengendalian Covid-19 Efektif, Perekonomian Makin Kuat

Senin, 9 Mei 2022 | 16:00 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa langkah-langkah pengendalian pandemi Covid-19 yang semakin efektif sehingga kinerja perekonomian Indonesia  makin kuat.

Pertumbuhan ekonomi nasional pada Kuartal I-2022  adalah sebesar 5,01%, yang  didukung  kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang solid.

Advertisement

“Berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif sehingga tetap terjaga kinerja perekonomian Indonesia.

Kinerja pertumbuhan ekonomi pada Kuartal I-2022 tetap pada posisi yang kuat, tumbuh 5,01% didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang solid,” kata Luhut saat memberikan keterangan pers  usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Rapat  yang membahas tentang Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hadir pula, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Luhut mengungkapkan, hingga hari ini,  situasi penanganan pandemi Covid-19 dalam kondisi begitu baik. Dilihat secara nasional, kata dia, sudah 25 hari berturut-turut kasus harian berada di bawah 1.000 kasus  per hari dan 500 kasus berturut-turut di bawah 25 hari.

Gambaran baik lainnya terlihat pada rawat inap secara nasional yang terus turun hingga 97%, tingkat hunian rumah sakit juga sangat rendah, yaitu hanya 2% dari keseluruhan bed yang tersedia.

Selain itu, kasus kematian juga menurun hingga 98%, yang disebabkan varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7%.

“Berdasarkan data di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momentum Idulfitri yang lalu hingga saat ini masih sangat terkendali,” kata Luhut.

Menurut Luhut, secara khusus untuk wilayah Jawa dan Bali perkembangan pandemi terus menunjukkan tren penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek, seperti kasus terkonfirmasi, rawat inap, hingga tingkat kematian hampir di seluruh provinsi Jawa dan Bali.

“Seluruh provinsi di Jawa dan Bali hingga hari  ini mengalami penurunan kasus mencapai 99% dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu,” kata Luhut.

Ia mengatakan, seiring semakin terkendalinya penanganan kasus Covid-19,   langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.

“Kondisi pandemi yang disebabkan varian Omicron terlihat terus membaik. Hal ini terjadi berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif sehingga tetap terjaga kinerja perekonomian Indonesia,” kata Luhut.

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN