Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan. Foto: IST

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan. Foto: IST

Pengamat Apresiasi Langkah Pertamina Atasi Insiden Kilang Balikpapan

Rabu, 18 Mei 2022 | 20:26 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pengamat energi yang juga Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyatakan apresiasinya atas berbagai upaya dalam mengatasi insiden kebakaran yang terjadi di Kilang Balikpapan.

“Apa yang dilakukan oleh Pertamina dalam memadamkan api patut kita apresiasi. Langkah cepat yang dilakukan bisa meminimalisasi kebakaran menjadi lebih besar dan bisa menimbulkan korban jiwa dalam jumlah yang besar lagi, karena secara natural yg ada di kilang itu mudah terbakar dan cepat meluas,” kata Mamit di Jakarta, Rabu (18/5).

Menurut Mamit, jika tidak ditangani dengan tepat, dampaknya bisa lebih besar. Namun Pertamina dalam waktu singkat bisa memadamkan flash yang terjadi. “Hal ini membuktikan kesigapan tim di lapangan sudah cukup terlatih dan teruji dimana kesigapan itu terjadi karena adanya latihan atau drill yang dilakukan di lapangan,” katanya.

Selain itu, kata dia, terlepas siapapun yang menjadi korban baik itu pegawai Pertamina maupun pihak ketiga, langkah cepat dan tepat yang dilakukan dalam penangan korban Pertamina sudah sangat baik. Pertamina juga membantu korban, agar perusahaan tempat bekerja harus memberikan yang terbaik bagi keluarga korban agar hak-hak keluarga korban dapat diterima dengan baik.

“Untuk yang dirawat,saya kira Pertamina akan memberikan pelayanan terbaik sehingga bisa sembuh seperti semula,” ujarnya.

Selain itu, menurut Mamit, hal yang tidak kalah penting adalah kesiapan Pertamina untuk menjamin pasokan BBM pasca kejadian ini juga patut di acungi jempol. Dengan demikian tidak menimbulkan kepanikan dimasyarakat karena kekhawatiran akan berkurangnya pasokan BBM secara nasional.

“Jadi, masyarakat tidak perlu panic buying untuk semua jenis BBM,” tegasnya.

Sebelumnya, General Manager (GM) Kilang Pertamina Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan, satu orang tewas dan lima luka-luka dalam peristiwa kebakaran menyusul ledakan yang terjadi di Kilang Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5/2022). “Korban meninggal dunia merupakan karyawan kontraktor kami," kata Wahyu pada Minggu malam.

Dari lima korban luka, tiga karyawan Pertamina dan dua karyawan kontraktor. Ketiga karyawan Pertamina menderita luka bakar dan dirawat intensif di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Kedua karyawan kontraktor sudah boleh pulang, juga setelah dirawat di RSPB. "Kami sangat berduka dan menyampaikan rasa berbelasungkawa yang mendalam pada keluarga korban," lanjut Wahyu.

Namun Pertamina memastikan peristiwa itu tidak akan mengganggu suplai bahan bakar minyak ke masyarakat dan "perbaikan Plant 5 dijadwalkan selesai dalam tujuh hari ke depan.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com