Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi pengemasan paket.

Ilustrasi pengemasan paket.

Permintaan Pengemasan Melonjak, Metropack Siap Pacu Kapasitas Produksi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:50 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tingginya aktivitas belanja online telah mendorong meningkatnya kebutuhan pengemasan produk untuk keperluan pengiriman. Banyaknya barang yang harus dikirim pun menjadi biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, pengemasan juga kerap kali menjadi rutinitas yang senantiasa membutuhkan improvement demi mendapatkan cara packing yang ideal.

Menjawab kebutuhan tersebut, Metropack Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang industri kemasan dengan Tagline One-Stop Packaging System & Solutions, hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sangat besar. Adapun beragam produk layanan kemasan yang diberikan seperti Carton Box, Impraboard, Paper Pallet, dan Offset Printing, beserta komponen pendukung dalam aktivitas pengemasan untuk lokal maupun ekspor, di antaranya Heavy Duty Paper Board, Edge Protector, Corner Protector, Round Protector, Strapping Band, Wraping, Sticker, Label, dan produk cetakan lainnya seperti alat-alat promosi, brand development, dan sarana advertising/promotion.

Director Metropack Indonesia, David Zhang, mengatakan, layanan yang diberikan tidak sekedar pengemasan tapi juga membantu customer untuk meningkatkan improvement dari segi proses, produk branding, cost reduction, serta menggunakan kemasan yang tepat untuk melakukan branding atau scale up nilai produk.

“Kami hadir di tahun 2016, karena melihat Indonesia sudah memasuki industri e-commerce yang cukup pesat. Permintaan akan kemasan yang sangat bervariasi. Namun ada kelemahan, dimana sahabat2 online seller, cenderung ke cost oriented, dilain sisi bagaimana memanfaatkan kemasan untuk mendongkrak harga jual produk menjadi terlupakan,” ujar David di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Beragam produk dan layanan serta solusi yang diberikan, menurut David, cocok digunakan/diimplementasikan beragam industri seperti; otomotif, farmasi, elektronik, FMCG, Kosmetik, dan aneka industri. Dengan layanan yang diberikan Metropack Indonesia telah dipercaya oleh beragam bisnis mulai dari korporasi, UKM dan e-commerce.

Lebih lanjut David menjelaskan, layanan yang diberikan oleh Metropack Indonesia bukan hanya produk kemasan dan metode pengemasan, lebih dari itu adalah untuk membantu proses dan konsep bisnis secara teknis yang lebih baik dan efisien. Salah satu contoh sederhananya, bagaimana menurunkan biaya dalam operational dalam aktivitas disebuah perusahaan khususnya dalam aktivitas pengemasan, “Dengan demikian Customer ataupun calon Customer akan mendapatkan benefit cost reduction selain produk yang kita sediakan,” jelas David.

Menariknya lagi, solusi tersebut juga ditawarkan secara fleksibel dengan minimal order yang sangat ideal. Bahkan jika customer belum memiliki ide untuk membuat kemasan seperti apa, Metropack juga dapat menyiapkan semuanya dimulai dari memilih jenis bahan yang tepat untuk digunakan. Bahkan Metropack juga mampu mendesain kemasan dengan branding yang mampu meningkatkan nilai dari sebuah produk.

Untuk memenuhi kebutuhan yang sangat besar dan beragam, Metropack terus berinovasi untuk menghadirkan layanan dan solusi yang ditawarkan. Selain Protective Packaging, kini Metropack menghadirkan Smart Packaging, yang bisa mengetahui siapa pembeli sebuah produk bahkan di mana lokasinya pembeli. Hal itu sangat berguna untuk mendapat kan bisnis insight, untuk mengetahui dari wilayah mana penjualan sebuah produk yang paling laku.

Tidak hanya itu, dengan Smart Packaging juga dapat mendeteksi dan meminimalisir agar produk kita dari barang tiruan, memastikan kebijakan harga produk stabil di berbagai stake holder penjualan, seperti distributor atau reseller yang ada kemungkinan tidak mengikuti prosedur/kebijakan harga ( menjualan di bawah harga pasaran ) . Karena kita sadar bahwa Stabilitas harga di pasar menjadi salah satu faktor pendukung reputasi sebuah Brand / upaya Branding.  

“Kami memiliki divisi Smart Packaging yaitu PT Packtica Technology Indonesia, perpaduan antara Packaging dengan Teknologi. 3 produk utama yang menjadi Paket Solusi dari Kami dalam membantu Customer ( Business Owner / Brand Owner ) terdiri dari Security Label, Security Packaging dan Checknow System. Teknologi ini yang dimana kami bisa membantu untuk Trace & Track, Geolocation mendapatkan informasi titik keberadaan produk/pembeli, Mampu berintertaksi dan lebih dekat dengan customer, meskipun customer membeli di agen atau distributor,” jelas David.

Beragam layanan dan solusi yang diberikan, menurut David, Metropack telah melayani banyak customer, dengan kapasitas Karton 60-70 ton per bulan, Offset Printing 180-200 ton per bulan, dan advertising 50-100 Unit/item per bulan. Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, perusahaan yang berkantor di Cikarang ini akan menaikkan kapasitas, dan saat ini sedang menyiapkan ekspansi lahan.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN