Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perwakilan perusahaan yang terpilih sebagai Top 5 Winners Dalam Job Seeker Survey 2022 yang dilakukan oleh Majalah SWA dan Korn Ferry

Perwakilan perusahaan yang terpilih sebagai Top 5 Winners Dalam Job Seeker Survey 2022 yang dilakukan oleh Majalah SWA dan Korn Ferry

Inilah Deretan Perusahaan Idaman 2021 Versi SWA dan Korn Ferry

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:15 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id --- Di era menantang ini akibat disrupsi tekonolgi dan pandemi Covid-19, menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak perusahaan. Perusahaan berlomba menjadi pelabuhan karier bagi para job seekers yang kini didominasi generasi milenial.

Di sisi lain, menjadi employer of choice tidak cukup hanya dengan menyediakan gaji dan benefit yang menggiurkan. Perusahaan juga dituntut lebih memperhatikan kondisi well-being karyawan dan aspek humanis lainnya. Maklum, kaum milenial ini cenderung tidak ingin terikat bekerja kantoran dari jam 09.00 -17.00, suka bekerja mobile di mana saja, digital savvy dan lainnya. Intinya, pola kerja milenial berbeda dengan generasi sebelumnya seperti Gen X atau Gen Y.

Menyikapi perkembangan itu, Majalah SWA dan Korn Ferry mengadakan survei dengan tema Employer of Choice (EOC) 2021’  pada Oktober 2021-Februari 2022. Riset tersebut adalah agenda dua tahunan, dan tahun 2022 ini merupakan survei EOC yang ke-8.

Metode survei dilakukan 80% dengan tatap muka dan 20% melalui surat elektronik (e-mail)/telepon. Adapun untuk tempat survei, 1.628 responden (33%) berasal dari Jabodetabek. Dan, sebanyak 3.257 responden lagi dari luar Jabodetabek: 24% dari Bandung, 21% dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta 22% dari Jawa Timur.

“Sebagaimana survei-survei tahun sebelumnya sebelumnya, survei ini bertujuan memotret perusahaan dari dua variabel utama, yaitu kemampuan perusahaan menciptakan engagement dan enablement. Setiap variabel memiliki 6 dimensi sehingga secara keseluruhan mencakup 12 dimensi,” jelas Kemal E. Gani , Group Chief Editor SWA Media di Jakarta (19/5).

Peserta survei EOC 2021 ada 21 perusahaan yang mengizinkan karyawannya disurvei untuk menilai pelaksanaan 12 dimensi tersebut. Responden diminta memberikan penilaian berdasarkan pengalaman selama mereka bekerja di perusahaan masing-masing. Yang menjadi responden survei adalah karyawan mulai dari level staf hingga satu lapis di bawah direksi. Dalam pelaksanaannya, karyawan diundang untuk menjawab pertanyaan survei melalui surat elektronik.

Dalam Job Seeker Survey 2022 ini juga ditampilkan Respons Khusus Mahasiswa dengan menjaring 4.000 responden mahasiswa yang menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants). Ketiga kategori tersebut kemudian dirinci berdasarkan universitas tempat para mahasiswa (responden) kuliah.

Selain itu, ditampilkan pula hasil survei Respons Khusus Karyawan yang menjaring 885 responden karyawan yang menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants).

Hasil survei EOC 2021 menetapkan Top 5 Winners untuk kategori jumlah karyawan di atas 1.000 dan Top 5 Winners kategori karyawan di bawah 1.000. Juara Top 5 Winners karyawan di atas 1.000 orang adalah PT Surya Madistrindo, PT Gudang Garam, BPJS Ketenagakerjaan, Ramsay Sime Darby Healthcare Indonesia (jaringan RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara, dan RS Premier Surabaya), Bank Tabungan Negara, serta FKS Group (perusahaan di sektor makanan dan agrikultur).

JuaraTop 5 Winners untuk kategori jumlah karyawan di bawah 1.000 orang adalahShell Indonesia, East West Seed Indonesia (produsen benih hortikultura), Sinar Mas Mining, Lembaga Penjamin Simpanan dan Sarana Multigriya Finansial.

Untuk membahas lebih dalam dan memberikan apresiasi perusahaan -  perusahaan yang pantas disebut sebagai perusahaan idaman versi Majalah SWA, maka Swanetwork, Korn Ferry dan SWA mengadakan awarding virtual dan webinar bertajuk ‘Indonesia Employer of Choice Award 2022: Reinventing Human Capital Strategy to Become Employer of Choice in the New Business Landscape’ pada Kamis, 19 Mei 2022 dengan star speaker Sylvano Damanik selaku Vice Chairman Korn Ferry Indonesia.

Webinar ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi 1 bertajuk ‘Putting Employees at the Center : New Approaches to Reinforce Employee Enable and Engagement’ dengan pembicara  Paulus Swasono Satyo Nugroho - Direktur SDM Sinar Mas Mining, Christian Santoso, - VP Marketing Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, dan  Abdur Rahman Irsyadi, Direktur Umum BPJamsostek.

Sesi 2 dengan tema ‘Redesigning Employee Well-being and Work Arrangement Policies to Respond Pandemic Challenges’ dengan nara sumber  Herlina Permatasari - Chief HR Officer FKS Group, Glenn Pardede - Managing Director EWINDO (East West Seed/Panah Merah) dan Damaiyanti Sakti Maharani, Direktur Grup Lembaga Penjamin Simpanan.

Untuk Sesi 3 temanya ‘Creating Smart and Atttractive Employer Branding’ dengan pemateri  Steven A. Yudhianto -  SVP Human Capital & Talent Management PT Bank Mandiri (Persero) serta  Mia Krishna Anggraini - Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga.

“Dalam penjurian Employer of Choice 2021, terdapat beberapa temuan menarik, ada kenaikan skor yang signifikan pada dimensi Work, Structure & Process serta Pay & Benefit. Artinya, untuk Pay & Benefit, karyawan merasa benefit yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan dalam masa pandemi sudah didukung dengan baik oleh perusahaan, dan hal ini juga didukung oleh Pandemic Index yang tinggi secara keseluruhan,” jelas Sylvano Damanik, Vice Chairman Korn Ferry Indonesia dan Juri Indonesian Employer of Choice Award 2022.

Menurut Sylvano, kenaikan skor pada dimensi Work, Structure & Process dapat diartikan bahwa di masa pandemi ini, proses kerja yang mengalami perubahan dengan adanya model hybrid, yaitu kombinasi antara work from home dan work from office yang mengoptimalkan pemakaian internet dan teknologi baru, memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih efisien.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN