Menu
Sign in
@ Contact
Search
Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty

Pra-KTT III Y20, Aruna Bangun Rantai Pasok Produk Perikanan ke Pasar Global

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:42 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi, diundang untuk menjadi bagian dari Pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) III Y20 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Acara ini mengusung berbagai tema terkait isu prioritas yang dinilai krusial dan relevan bagi masyarakat global. Salah satu di antaranya adalah "Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni".

Baca juga: Pra-KTT Y20: Selamatkan Bumi dengan Ekonomi Sirkular

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty mengatakan, Aruna segera menjadi salah satu penyokong utama dari Ibu Kota Negara, berbagai penghargaan nasional dan global telah banyak diperoleh oleh Balikpapan.

"Hal ini menjadi bukti bahwa budaya bersih dan wawasan lingkungan telah menjadi bagian dan ciri dari masyarakat dan pemerintah setempat. Mereka begitu teguh memegang prinsip kelestarian lingkungan. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih karena telah mengajak Aruna buat turut hadir pada acara ini. Kami pun menjadi kian bersemangat dalam menjaga komitmen kami untuk menggalakkan prinsip dan implementasi keberlanjutan, terutama pada ekosistem laut," ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Selasa (24/5/2022).

Sementara itu, Head of Corporate Affairs Aruna Ratih Triutami Wijayanti yang turut hadir dalam acara Y20 mengungkapkan, prinsip dan implementasi keberlanjutan sejatinya mampu membuka peluang investasi dan lapangan kerja, serta mendongkrak perekonomian nasional.

Oleh karena itu, Aruna terus berupaya untuk menggaungkan fokus tersebut dengan mengedukasi nelayan Aruna tentang penangkapan terukur, serta penangkapan yang berorientasi ekspor.

Baca juga: Aksi Nyata Selamatkan Lingkungan, Delegasi KTT Y20 Gelar Penanaman Bibit Mangrove

"Secara spesifik, dengan teknologi yang tengah dikemabngkan, Aruna digadang dapat meringkas mata rantai proses pasokan sambil mencatat transaksi harian guna mengoptimalkan data dan implementasi artificial intelligence (AI) di masa depan. Hal ini sangat selaras dengan objektif dari acara Pra-KTT III Y20 Indonesia ini," ujarnya.

Ratih menambahkan, setiap area prioritas yang telah ditentukan dibuat dalam bentuk dokumen white paper didukung oleh berbagai riset dan survei global. Survei global ini bertujuan untuk mengumpulkan aspirasi dan pandangan dari masyarakat dan para pemuda di semua negara G20.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menegaskan anak muda harus diberdayakan, dipertimbangkan, dan disertakan dalam pengambilan keputusan dan solusi terkait penciptaan planet yang aman, inklusif, berkelanjutan, dan layak huni bagi semua. 

"Sebagai contoh, mereka memberikan ide untuk mengangkat potensi-potensi masyarakat Kalimantan Timur dengan menyediakan exhibition booth bagi para pelaku UMKM di Kalimantan Timur yang memegang konsep ramah lingkungan pada produk ciptaan mereka. Di Pra-KTT III Y20 Indonesia  inilah implementasinya," ucap Siti.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com