Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Dirut BRI (BBRI): UMKM Pegang Peran Penting dalam Penerapan ESG

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:00 WIB
Nasori (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Sunarso menyatakan, environment, social, and governance (ESG) memiliki peranan penting untuk mendukung keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran. Terkait itu, pelaku usaha segmen UMKM sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, memegang peranan penting dalam penerapan prinsip-prinsip ESG ke depan.

“Oleh karena itu, menjadi hal yang krusial untuk memberikan edukasi guna meningkatkan awareness dari para pelaku usaha UMKM akan pentingnya memastikan keberlanjutan usaha mereka melalui penerapan prinsip-prinsip ESG,” ujar Sunarso saat membagikan pengalamannya secara daring, Rabu (25/5/2022), terkait keikutsertaannya pada kegiatan World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss.

Menurut dia, ESG menjadi salah satu topik yang menarik minat banyak peserta WEF 2022 yang kali ini mengusung tema Working Together, Restoring Trust dan diselenggarakan diselenggarakan sejak hari Minggu (22/5/2022) – Kamis (26/5/2022). Topik lainnya adalah evaluasi dampak globalisasi serta tren globalisasi di masa depan, digitalisasi, dan inklusi keuangan.

Lebih lanjut, Sunarso mengatakan, BRI juga melihat penerapan ESG yang konsisten dan terarah harus dimulai dari concern utama, yaitu governance. Dengan governance yang baik, penerapan ESG diharapkan akan lebih terarah dan terukur sehingga dapat mendorong keberlangsungan usaha yang dijalankan. Tone from the top atau inisiasi dari leader/pimpinan menjadi elemen penting untuk mendorong penerapan sisi governance.

Menutup sharing-nya, Sunarso menegaskan bahwa ke depan, BRI secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip ESG serta berkontribusi aktif dalam pencapaian inklusi keuangan di Indonesia. “Kami juga akan semakin memastikan keberlanjutan bisnis BRI ke depan, sehingga BRI akan tetap mampu memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh stakeholder-nya,” pungkas dia.

Jumlah partisipan yang hadir dalam WEF 2022 disebutkan mencapai sekitar 2.000 orang, yang merupakan perwakilan tokoh-tokoh berpengaruh di dunia, meliputi pemimpin negara, regulator, top CEO perusahaan global, dan pihak-pihak yang berpengaruh lainnya.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN