Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam media briefng Rabu pagi (29/4/2020). Sumber: BSTV

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam media briefng Rabu pagi (29/4/2020). Sumber: BSTV

KETIDAKPASTIAN GLOBAL MENINGKAT

BI Tetap Optimistis Ekonomi Tumbuh 4,5-5,3% Tahun Ini

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:26 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pemulihan ekonomi Indonesia masih terus berlanjut dengan estimasi pertumbuhan ekonomi mencapai 4,5 – 5,3%. Kinerja ekonomi yang tetap positif di tahun ini akan didukung oleh sokongan ekspor, konsumsi domestik, hingga investasi.

"Kami yakin, pertumbuhan ekonomi kita tahun ini akan tumbuh sebesar 4,5 – 5,3% dan meningkat di tahun 2023 menjadi 4,7 – 5,5% karena dorongan kuat dari konsumsi domestik serta kinerja ekspor maupun investasi," ucap dia dalam Indonesia Economic Prospect Juni 2022, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

Meski demikian, proyeksi pertumbuhan ekonomi BI tahun ini itu lebih rendah dari perkiraan semula. Hal ini disebabkan pemulihan ekonomi global yang melambat disebabkan ketidakpastian global yang semakin tinggi karena perang Ukraina dan Rusia, lonjakan harga komoditas yang tinggi, serta pengetatan kebijakan moneter The Fed dan bank sentral lainnya.

Secara umum, kata Perry, prospek kondisi ekonomi dalam negeri terus menguat, yang tercermin dari stabilitas makroekonomi dan keuangan terus terjaga. Hal ini tercermin dari stabilitas eksternal yang juga terjaga mulai dari neraca transaksi berjalan tahun lalu surplus, dan tahun ini diproyeksi juga tetap surplus meskipun dalam tren yang lebih rendah.

"Stabilitas keuangan yang sehat, fungsi intermediasi yang semakin berkembang, mendaratnya perbankan ke dalam sektor bisnis. Jadi, kami percaya pemulihan ekonomi kita akan terus berlanjut dan berlanjut ke prospek jangka menengah. Pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat akan berlanjut," tegas dia.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN